Registrasi pasien adalah salah satu layanan rumah sakit yang harus selalu diunggulkan agar proses pelayanan kepada pasien berjalan lebih baik dan optimal. Ini tentu saja juga harus didukung oleh manajemen sistem yang dapat memfasilitasi kegiatan ini. Untuk proses pendaftaran pasien, Rumah Sakit Islam Assyifa telah mengembangkan Aplikasi SIMRS untuk memfasilitasi petugas dalam melakukan proses layanan pendaftaran. Selanjutnya, untuk proses verifikasi pasien BPJS, Rumah Sakit Islam Assyifa menggunakan Aplikasi Klaim Virtual yang dikembangkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Namun, Sistem SIMRS dan Klaim Virtual masih terpisah sehingga input selalu dilakukan dua kali untuk identitas satu pasien. Oleh karena itu perancangan aplikasi bridging system SIMRS dengan Virtual Claim dilakukan sehingga proses registrasi dan verifikasi dapat dilakukan dalam satu transaksi. Penelitian ini menghasilkan program Bridging System yang berfungsi menjembatani dua sistem yang sedang berjalan sehingga proses input data berjalan lebih efisien. Sistem bridging adalah penggunaan fasilitas teknologi informasi layanan web yang memungkinkan dua sistem berbeda sekaligus mampu melakukan dua proses tanpa campur tangan satu sistem pada sistem lain.
Algariri, K., Atangwho, I., Meng, K., Asmawi, M., Sadikun, A., & Murugaiyah, V. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN. Tropical Life Sciences Research, 75-93.
Humas BPJS Kesehatan. (2014, Mei 9). Pangkas Antrean, BPJS Kesehatan Terapkan Bridging System. Diambil kembali dari BPJS Kesehatan: https://bpjs-kesehatan.go.id/BPJS/index.php/post/%20read/2014/76/Pangkas-Antrean-BPJS-Kesehatan-Terapkan-Bridging-System
Mahmudah, P. N., S., C., & Wigati, P. A. (Volume 3, Nomor 1, 2015). ANALISIS UPAYA RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG KOTA SEMARANG SEBAGAI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT LANJUT DALAM PENERAPAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TAHUN 2014. JKM (Journal Kesehatan Masyarakat), 57-64.
Puspitasari, T. D., Putra, D. S., & Roziqin, M. C. (2017). Penerapan PATH Analysis Kepuasan Pengguna Terhadap NET-BENEFIT dan Intensitas Pengguna SIMRS. Seminar Nasional Hasil Penelitian. Jember.