Analisa Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode Decision Tree Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta

research
  • 12 May
  • 2020

Analisa Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode Decision Tree Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta

Pengelola  objek  wisata  di  Jakarta  melakukan  berbagai  upaya  untuk  memenangkan  persaingan,  antara  lain dengan meningkatkan kepuasan  pengunjung wisata. Salah satu objek wisata  yang berada di Jakarta adalah Setu  Babakan  yang  merupakan  salah  satu  objek  wisata  menarik  bagi  wisatawan  yang  ingin  menikmati suasana khas pedesaan atau menyaksikan budaya Betawi asli secara langsung. Di Setu Babakan pengunjung dapat  melihat  pemandangan  alam,  menikmati  kuliner  khas  betawi  yang  harganya  relatif  murah,  dan menyaksikan  pagelaran  seni  budaya  betawi.  Selain  itu,  pihak  pengelola  Setu  Babakan  juga  menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, tempat bermain anak, dan lain-lain gunamenunjang aktivitas pengunjung.  Untuk  berkunjung  ke  Setu  Babakan,  terdapat  banyak  kendaraan  umum  yang  melewati perkampungan  ini  dan  biaya  yang  cukup  murah.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis kepuasan pengunjung Setu Babakan dengan menggunakan atribut biaya,fasilitas, aksesibilitas, dan pelayanan. Peneliti menggunakan  metode decision  tree algoritma  C4.5.  Dari  gambaran decision  tree yang  diolah  dengan RapidMiner dapat diketahui bahwa faktor kepuasan pengunjung adalah fasilitas dan aksesibilitas. Setelah itu dilakukan ujicoba pada dataset sebanyak 3 kali dari data kuesioner terhadap 50 orang pengunjung diperoleh akurasi sebesar 100%. Hasil klasifikasi dengan algoritma C4.5 sebesar 100% dianggap tepat digunakan untukmengukur tingkat kepuasan pengunjung terhadap biaya, fasilitas, aksesibilitas, danpelayanan.

Unduhan

 

REFERENSI

Takalapeta,  S.  (2018).  Penerapan  Data Mining  Untuk  Menganalisis  Kepuasan Konsumen  Menggunakan  Metode  C4.5. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 34–38.

Nofriansyah, D., & Nurcahyo, G. W. (2015). Algoritma  Data  Mining  Dan  Pengujian. Deepublish.

Shiddiq,  A.,  Kumalasari  Niswatin,  R.,  & Farida,  I.  N.  (2018).  Analisa  Kepuasan Konsumen  Menggunakan  Klasifikasi Decision  Tree  Di  Restoran  Dapur  Solo (Cabang  Kediri). Generation Journal, 2(1), 9–18.

Rangkuti,  F.  (2013).Customer  Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan ISO 9001.Gramedia Pustaka Utama.