Perkembangan teknologi informasi
yang semakin hari semakin berkembang, sehingga membuat pola berpikir manusia
akan kebutuhan informasi yang diinginkan dapat diakses dengan mudah, cepat, dan
akurat. Booking kapal ini adalah salah satu jenis pemesanan yang jarang
diketahui oleh banyak orang dan hampir semua orang hanya megetahui tentang
booking hotel, seiring dengan banyaknya tempat wisata seperti di pulau-pulau
yang mengharuskan wisatawan untuk pergi menggunakan kapal ketempat wisata
tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi untuk memudahkan para wisatawan dalam
melakukan pemesanan kapal, dari permasalahan yang ada untuk pemesanan dan
penyewaan kapal masih dilakukan dengan cara manual yaitu menghubungi pemilik
kapal langsung dan untuk proses pembayaran yang dilakukan masih menggunakan
sistem manual yaitu dilakukan setelah selesai menggunakan kapal yang
dikhawatirkan penyewa dapat membatalkan penyewaan kapal. Pada penelitian ini penulis
menggunakan metodologi dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara dan studi pustaka sedangkan pengembangan aplikasi menggunakan SDLC
(System Development Life Cycle) dengan pendekatan waterfall dan dalam
penelitian ini penulis menggunakan algoritma Fisher-Yates Suffle sedangkan
untuk pemodelan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Dengan adanya
aplikasi booking kapal berbasis android ini dapat memudahkan para wisatawan
dalam mendapatkan informasi-informasi dalam melakukan booking kapal yang dapat
dilakukan secara online.
Lembar Hasil Penilaian Sejawat Sebidang atau Peer Review Karya Ilmiah:Jurnal Ilmiah
S. Handayani, “Aplikasi E-Booking
Tiket Kapal pada Wilayah Tanjungpinang dan Kijang Berbasis Android dan Web,”
Bangkit Indones., vol. VIII, no. 1, pp. 26– 32, 2019. [
D. W. . Sede, A. A. . Sinsum, and
N. X. B.N, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Online Kapal Laut Berbasis
Android,” Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2015.
I. Khairul and M. H. Basri,
“Sistem Informasi Pembuatan Manifest Muatan Kapal Berbasis Dekstop dan
Android-Studi Kasus PT. Mentari Perkasa,” Manaj. Inform. Sist. Inf., vol. 2,
no. 2, pp. 69–76, 2019.
A. Gani and L. Marlinda,
“Aplikasi Pembelajaran Trigonometri Berbasis Android Menggunakan Algoritma
Fisher Yates Shuffle,” Tek. Komput., vol. III, no. 2, pp. 114–119, 2017.
R. Miftahul, S. Yani, and
Harsiti, “Sistem Informasi Pemesanan E-Tiket Kapal Laut pada PT.Bandar Bakau
Jaya,” Semin. Nas. Rekayasa Teknol. Inf., no. November, pp. 169–173, 2018.
W. Dari, “Penerapan Metode System
Development Life Cycle pada Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Produk Batik
Kurowo Jakarta,” Khatulistiwa Inform., vol. 3, no. 2, pp. 222–228, 2015.
Adelin, A. Meliyanti, M.
Juliandi, and R. Shella, “Website Monitoring Pelayanan Penyewaan Kapal Angkutan
Barang PT. Payung Samudra Dengan Metode UML-Based Web Engineering (UWE),” Sist.
Inf. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. April, pp. 13–21, 2015.