Rancang Bangun Aplikasi Booking Kapal untuk Berwisata dan Memancing Berbasis Android

research
  • 15 Apr
  • 2020

Rancang Bangun Aplikasi Booking Kapal untuk Berwisata dan Memancing Berbasis Android

Perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semakin berkembang, sehingga membuat pola berpikir manusia akan kebutuhan informasi yang diinginkan dapat diakses dengan mudah, cepat, dan akurat. Booking kapal ini adalah salah satu jenis pemesanan yang jarang diketahui oleh banyak orang dan hampir semua orang hanya megetahui tentang booking hotel, seiring dengan banyaknya tempat wisata seperti di pulau-pulau yang mengharuskan wisatawan untuk pergi menggunakan kapal ketempat wisata tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi untuk memudahkan para wisatawan dalam melakukan pemesanan kapal, dari permasalahan yang ada untuk pemesanan dan penyewaan kapal masih dilakukan dengan cara manual yaitu menghubungi pemilik kapal langsung dan untuk proses pembayaran yang dilakukan masih menggunakan sistem manual yaitu dilakukan setelah selesai menggunakan kapal yang dikhawatirkan penyewa dapat membatalkan penyewaan kapal. Pada penelitian ini penulis menggunakan metodologi dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka sedangkan pengembangan aplikasi menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) dengan pendekatan waterfall dan dalam penelitian ini penulis menggunakan algoritma Fisher-Yates Suffle sedangkan untuk pemodelan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Dengan adanya aplikasi booking kapal berbasis android ini dapat memudahkan para wisatawan dalam mendapatkan informasi-informasi dalam melakukan booking kapal yang dapat dilakukan secara online.

Unduhan

  • Jurnal6.pdf

    Lembar Hasil Penilaian Sejawat Sebidang atau Peer Review Karya Ilmiah:Jurnal Ilmiah

    •   diunduh 528x | Ukuran 203 KB

 

REFERENSI

S. Handayani, “Aplikasi E-Booking Tiket Kapal pada Wilayah Tanjungpinang dan Kijang Berbasis Android dan Web,” Bangkit Indones., vol. VIII, no. 1, pp. 26– 32, 2019. [

D. W. . Sede, A. A. . Sinsum, and N. X. B.N, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Online Kapal Laut Berbasis Android,” Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2015.

I. Khairul and M. H. Basri, “Sistem Informasi Pembuatan Manifest Muatan Kapal Berbasis Dekstop dan Android-Studi Kasus PT. Mentari Perkasa,” Manaj. Inform. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 69–76, 2019.

A. Gani and L. Marlinda, “Aplikasi Pembelajaran Trigonometri Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle,” Tek. Komput., vol. III, no. 2, pp. 114–119, 2017.

R. Miftahul, S. Yani, and Harsiti, “Sistem Informasi Pemesanan E-Tiket Kapal Laut pada PT.Bandar Bakau Jaya,” Semin. Nas. Rekayasa Teknol. Inf., no. November, pp. 169–173, 2018.

W. Dari, “Penerapan Metode System Development Life Cycle pada Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Produk Batik Kurowo Jakarta,” Khatulistiwa Inform., vol. 3, no. 2, pp. 222–228, 2015.

Adelin, A. Meliyanti, M. Juliandi, and R. Shella, “Website Monitoring Pelayanan Penyewaan Kapal Angkutan Barang PT. Payung Samudra Dengan Metode UML-Based Web Engineering (UWE),” Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. April, pp. 13–21, 2015.