Pemilihan
umum adalah bagian penting
dari proses politik
sehingga banyak tokohpolitik yang
berpartisipasi dalam proses tersebut.
Elektabilitas adalah salah
satu yang menjadi
perhatian, berbagai hal
dilakukan untuk dapat meningkatkan elektabilitas
tokoh politik yang
ikut serta dalam
pemilihan umum. Media
telah menjadi salah satu
alat penting yang
digunakan untuk meningkatkan
elektabilitas, salah satunya
adalah media berita online. Komentar dari
pembaca dan dapat
digunakan sebagai penilaian
terhadap tokoh-tokoh politik
dalam bentuk analisis sentimen.
Namun, tidak mudah
untuk menganalisis sentimen
dari berbagai komentar
di media berita online,
karena komentarmengandung teks yang
tidak terstruktur, terutama
dalam teks Indonesia.
Pra-pemrosesan teks dalam penambangan teks merupakan bagian penting
untuk mendapatkan informasi dasar yang terkandung dalam
komentar. Penelitian ini
menggunakan pra-pemrosesan teks
Indonesia dengan menggunakan Gata
Framework Textmining. Kemudian
dilanjutkan dengan mengekstraksi
informasi menggunakan metode klasifikasi Naïve Bayesdan Support Vector
Machineyang dioptimalkan menggunakan Particle Swarm Optimization. Pengujian
yang dilakukan dengan
kedua metode mendapatkan
hasil bahwa, Support Vector Machine berbasisi Particle Swarm
Optimizationadalah metode terbaik dengan akurasi 78.40% dan AUC 0.850. Penelitian
ini mendapatkan algoritma yang efektif dalam mengklasifikasikan komentar
positif dan negatif terkait dengan tokoh-tokoh politik dari media berita
online.
Lembar peer Review
jurnal
[1] Aryo P.W., 2018. Selektifitas Media Sosial Dalam Meningkatkan Elektabilitas Figur. ETTISAL Journal of Communication, 3(2), pp. 153-161.
[2]Taibbi,M., 2019. In 2019, Let’s Finally Retire ‘Electability’ A favored totem of the campaign press has long been useless, and now is actively misleading[Online] (Updated 2 Jan 2019)Tersedia di: https://www.rollingstone.com/politics/politics-features/what-is-electability-774196/
[3]Jannti, R., Mahendra, R., Wardhana., W, C. Adriani, M, 2018.Stance Classification Towards Political Figures on Blog Writing. In: IEEE, 2018 International Conference on Asian Language Processing (IALP). Bandung, Indonesia 15-17 November2018. Indonesia.
[4]Oxford Disctionaries, 2018. Sentiment Analysis. [Online]Tersedia di: https://en.oxforddictionaries.com/definition/sentiment_analysis/
[5]Liu,B., 2015. Sentiment Analysis Opinions, Sentiment, and Emotion in Text. Chicago, USA: Cambridge University Press.
[6]Saputra, N., Adji, T. B.,Permanasari, A. E, 2015. Analisis Sentimen Data Presiden Jokowi dengan Preprocessing Normalisasi dan Stemming menggunakan Metode Naive Bayes dan SVM.Jurnal Dinamika Informatika,5(1).
[7]Li, Quanzhi.,Nourbakhsh, A. Fang, Rui. Liu, Xiaomo. Shah, Sameena, 2016. Sentiment Analysis of Political Figures across News and Social Media. In: Behavioral-Cultural Modeling, & Prediction and Behavior Representation in Modelingand Simulation, 2016 International Conference on Social Computing. UDC Center, Washington DC, USA.
[8]BudihartoW., MeilianaM., 2018. Prediction and analysis of Indonesia Presidential Election from Twitter using Sentiment Analysis. Journal of Big Data5(1),pp.1-10.
[9]Aliandu, Paulina, 2013. Twitter Used by Indonesian President: An Sentiment Analysis of Timeline. 2013 Information Systems International Conference (ISICO). Surabaya, Indonesia 2-4 December 2013. Indonesia.
[10]Apriyanti, T., Wulandari, H., Safitri, M., & Dewi, N., 2016. Translating Theory of English into Indonesian and Vice-Versa.Indonesian Journal of English Language Studies2(1), pp. 38-59.
[11]R. Feldman and J. Sanger, 2007. The Text MiningHandbook: Advances Approaches in Analyzing Unstructured Data. New York, NY: Cambridge University Press
[12]Goyal, Shubham, 2016. Sentimental Analysis of Twitter Data using Text Mining and Hybrid Classification Approach.International Journal of Advance Research, Ideas and Innovations in Technology2(5), pp.1-9
[13]Vadivukarassi,M., Puviarasan,N., Aruna,P., 2017. Sentimental Analysis of Tweets Using Naive Bayes Algorithm. World Applied Sciences Journal35(1), pp.54-59
[14]Al-Amrani,Y., Lazaar,M., El Kadiri,E.K., 2018. Sentiment Analysis Using Hybrid Method of Support Vector Machine And Decision Tree.Journal of Theoretical and Applied Information Technology96(7), pp.1886-1895
[15]Wahyudi,M., Kristiyanti,D.A., 2016. Sentiment Analysis of Smartphone Product Review Using Support Vector Machine Algorithm-Based Particle Swarm Optimization.Journal of Theoretical and Applied Information Technology91(1), pp.189-201.
[16]Buntoro, G. A.,2016. Analisis Sentimen Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 Di Twitter.Integer Journal Maret1(1), pp. 32-41.
[17]Budiono, D. F., Nugroho, A. S., Doewes, A.,2017. Twitter Sentiment Analysis of DKI Jakarta’s Gubernatorial Election 2017 with Predictive and Descriptive Approaches.In: IEEE,2017 International Conference on Computer, Control, Informatics and Its Applications. Jakarta, Indonesia 23-26 October 2017. Indonesia.
[18]Fatyanosa, T. N., & Bachtiar, F. A.,2017. Classification method comparison on Indonesian social media sentiment analysis.In: IEEE, 2017 International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (SIET). Malang, Indonesia 24-25 November 2017. Indonesia
[19]Rana, S., Singh, A.,2016. Comparative Analysis of Sentiment Orientation Using SVM and Naïve Bayes Techniques.In: IEEE, International Conference on Next Generation Computing Technologies. Dehradun, India14-16 October 2016. India.
[20]Kenneth Jensen, 2016. IBM SPSS Modeler CRISP-DM Guide. [Online]Tersedia di: ftp://public.dhe.ibm.com/software/analytics/spss/documentation/modeler/18.0/en/ModelerCRISPDM.pdf