Skripsi Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Jurnal Umum Telkomsel Sukabumi

Lihat/Buka

Tanggal

2015-02-03

Penerbit

STMIK Nusa Mandiri

Abstraksi

Pencatatan akuntansi secara manual yang saat ini masih banyak digunakan oleh beberapa perusahaan sangatlah tidak efektif. Sistem akuntansi manual mempunyai resiko human error dalam hal efisiensi, keakuratan data, ketepatan waktu, pencarian data dan perhitungan data. Terlebih lagi accounting tidak mengetahui saldo akun yang terakhir (up-date). Melalui sistem informasi akuntansi yang terkomputerisasi khususnya dalam transaksi jurnal umum, dapat membantu Telkomsel Sukabumi yang saat ini masih menggunakan pencatatan akuntansi manual. Dalam sistem informasi akuntansi yang terkomputerisasi, transaksi dicatat dalam bentuk elektronik dan secara bersamaan diposting secara elektronik ke buku besar sehingga menghasilkan saldo akun yang terakhir (up-date). Perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan sistem informasi akuntansi jurnal umum ini adalah Microsoft Visual Basic 6.0.

Kata Kunci: Akuntansi, Jurnal Umum, Perancangan Sistem

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offset.

Ashari. 2005. Pemrograman Akuntansi untuk Usaha Dagang Menggunakan Microsoft Acces. Jakarta: PT. Gramedia.

Astuti, Ni Made Marlita Puji dan Ida Bagus Dharmadiaksa. 2014. Pengaruh Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Pemanfaatan dan Kesesuaian Tugas Pada Kinerja Karyawan. Diambil dari: www.e-jurnal.com/2014/12/pengaruh-efektivitas-penerapan-sistem_6.html. (20 Desember 2014)

Indralesmana, Kadek Wahyu dan I.G.N. Agung Suaryana. 2014. Penerapan Sistem Informasi Akuntansi dan Kinerja Individu pada Usaha Kecil dan Menengah di Nusa Penida. Diambil dari: www.e-jurnal.com/2014/12/pengaruh-efektivitas-penerapan-sistem_6.html. (20 Desember 2014)

Sugiyono. 2005. Pemrograman Terstruktur Untuk Pelajar & Mahasiswa. Kuningan: Panji Gumilang Press.

Kusrini dan Andri Koniyo. 2007. Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi Offset.

Ladjamudin, Al-bahra Bin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Warren, Carl S, James M. Reeve dan Philip E. Fess. 2006. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat