Skripsi Perancangan Animasi Interaktif untuk Anak Usia Dini pada Bimba Aiueo

Lihat/Buka

Tanggal

2014-08-18

Penerbit

STMIK Nusa Mandiri

Abstraksi

Animasi interaktif merupakan media pembelajaran yang penyampaiannya lebih menarik dan berwarna serta memiliki nilai seni dan kreatifitas dalam hal penyampaian materinya, sehingga menjadikan media pembelajaran ini pembawa perubahan dalam hal memahami setiap materi yang disampaikan. Perancangan animasi interaktif yang penulis buat merupakan animasi interaktif media  pembelajaran untuk mengenal huruf dan angka kepada siswa-siswi. Animasi ini dibuat dengan beberapa bagian/scenetahapan yang dapat mempercepat siswa-siswi dalam hal memahami atau mengingatnya. Tahapan tersebut adalah tahapan “Baca” digunakan untuk memberi informasi Huruf, kemudian tahapan “Tulis”  digunakan untuk memberikan informasi tentang bagaimana cara menulis angka dan huruf. Tahapan “Hitung” untuk menilai apakah pengguna bisa menggunakan animasi interaktif, serta tahapan “Bermain” untuk memberikan hiburan kepada pengguna. Perancangan animasi interaktif ini dibuat dengan menggunakan  adobe Flash CS5  karena pemahaman siswa-siswi lebih responsip terhadap penjelasan yang disertai dengan gambar terlebih lagi apabila mereka dapat berinteraksi langsung dengan objek.

Kata Kunci: Animasi, Interaktif, Untuk Anak Usia Dini , Flash Cs6

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

Aditya. 2009. Trik Dasyat Menjadi Animator 3D Andal. Yogyakarta : PT. Gramedia Pustaka             Utama.
Anggayani, R. 2009. Studi Komparasi Minat dan Motivasi antara Peserta didik. Vol II, No. 1.
            Diambil Pada 1 Februari 2013
Arsyad. Azhar. 2004. Media Pengajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Asmini, Tri, Pembuatan Aplikasi Perpindahan Kalor Berbasis Multimedia Menggunakan
            Macromedia Flash Dan Php Mysql.Vol. 1. No. 2 ISSN: 2066-2333. Diambil pada 2 Mei             2014
Berleiner. S. 2001. Psikologi pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Beni Harsono, Soesanto dan samsudi. 2009. Perbedaan Hasil Belajar  Antara Metode
            Ceramah Knvensional Dengan Ceramah  Berbantuan Media Animasi pada             Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Sistem Rem. Vol. 9 No. 2             ISSN: 2088-2335. Diambil pada 12 Mei 2013 .
Chrystanti, Yulanita dan Sukadi. 2012. Pembangunan Media  Pembelajaran Pengenalan
            Huruf dan Angka Untuk Taman Kanak-Kanak. Vol, 1. No. 1. ISSN: 2088-2335.Diambil             pada 12 Mei 2013 dari: http://www.ejournal.aptikomid.org/index.php                 /aptikom/article/view/68/0
Darmono. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Jefri, Mohammad. 2006. Macromedia Flash Mx 2004. Jakarta: Elex  Media Komputindo
Kasman, dharma. 2013. Trik Mudah Menguasai OOP dengan PHP. Yogjakarta: Penerbit
            Lokomedia.
Kusrini, dan Andri Koniyo. 2007. Tuntutan Praktis Membangun  Sistem Informasi Akutansi
            dengan Visual Basic dan Microsoft  SQL Server. Yogyakarta: Andi
Mulyono. 2010. Mewujudkan Pendidikan Islam Yang Menyenangkan. Tadris. Volume 5.
            Nomor 2 (Halaman 181-182)