Animasi Interaktif Sebagai Media Sosialisasi Infonesia Tsunami Early Warning System (INATEWS)

Tanggal

2015-08-01

Penerbit

Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa

Abstraksi

Indonesia merupakan negara dengan tingkat aktivitas gempa yang tinggi, sebagai akibat pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu Lempeng Hindia (Samudera India–Australia di sebelah selatan), Lempeng Pasifik di sebelah Timur dan Lempeng Eurasia di Utara. Di Indonesia juga terdapat patahanpatahan sesar yang besar dan memicu terjadinya gempa dan tsunami. Yaitu : Sesar Semangko, Sesar Cimandiri, Sesar Opak. Menciptakan media sosialisasi Tsunami Early Warning System dalam bentuk animasi dua dimensi, dengan tujuan supaya masyarakat mudah memahami bagaimana cara Tsunami Early Warning System bekerja. Setelah masyarakat mengetahui cara kerja Tsunami Early Warning System, maka masyarakat akan cepat tanggap dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami apabila tanda bahaya telah dibunyikan. Sehingga bisa meminimalkan terjadinya korban jiwa. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode waterfall. Perancangan menggunakan Adobe Flash Professional CS5, Adobe Photoshop Professional CS5 dan Adobe Soundbooth Professional CS5. Diharapkan dalam penelitian ini terciptanya media sosialisasi yang dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat luas.

Kata Kunci: Animasi 2D, Sosialisasi, Tsunami Early Warning System

URI
http://ejournalab.com/index.php/jsi/article/view/39/pdf

Bidang ilmu
Media Pembelajaran

References

Chandra. 7 Jam Belajar Interaktif Flash CS5 untuk Orang Awam. Palembang:Maxikom, 2011.

Darma, Jarot S dan Shenia Ananda. Buku Pintar Menguasai Multimedia. Jakarta: MediaKita, 2009.

Gunawan, Wawan. Membuat Foto Biasa Menjadi Luar Biasa Dengan Photoshop CS3. Bandung: Yrama Widya, 2008.

Madcoms. Adobe Flash CS5 Professional untuk pemula. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2011.

Murdiyatmoko, Janu. Sosiologi Memahami Dan Mengkaji Masyarakat untuk kelas X. Jakarta: Grafindo Media Pratama, 2007.

Ramadianto, Anggara Yuda. Membuat Gambar Vektor dan Animasi Interaktif dengan Flash 8. Bandung: Yrama Widia, 2008.

Ranang, A. S., Basendar. H dan Asmoro. N.P. Animasi Kartun dari Analog Sampai Digital. Jakarta: Indeks, 2010.

Rosa, A. S., dan M, Salahudin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2013.

Sari dan Henny Vidiarina. Pedoman Pelayanan Peringatan Dini Tsunami InaTEWS. Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, 2012.

Sukamto dan M. Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2014.

Tsunami,  www.gitews.org/tsunami-kit, diakses 19 Desember 2014

Tsunami, http://inatews.bmkg.go.id diakses 21 Desember 2014