PEMBELAJARAN PENGENALAN SISTEM TATA SURYA UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA

research
  • 19 Jul
  • 2018

PEMBELAJARAN PENGENALAN SISTEM TATA SURYA UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA


Dicky Ferdiansyah (11130740), Pembelajaran Pengenalan Sistem Tata Surya Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia.


 


 


Materi pelajaran IPA pada siswa Sekolah Dasar saat ini sudah ada pembelajaran tentang tata surya. Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet meteorid, komet, serta asteroid yang mengelilingi matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya grafitasinya. Objek-objek tersebut adalah delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips. Banyaknya jenis benda langit yang harus dipelajari siswa Sekolah Dasar tentunya akan sulit dimengerti maupun diingat. Ditambah lagi sistem pembelajaran yang dilakukan para guru masih monoton dengan hanya menggunakan buku saja. Sehingga siswa mudah bosan dan bahkan tidak terlalu tertarik dengan materi tersebut. Hal ini akan menghambat proses belajar mengajar dan tingkat pemahaman siswa tentang materi tata surya. Mengetahui masalah tersebut, penulis membuat suatu aplikasi berbasis multimedia untuk memudahkan pembelajaran tentang tata surya untuk sekolah Sekolah Dasar. Aplikasi animasi interaktif ini bermanfaat untuk siswa sekolah dasar dalam memahami materi pembelajaran pengenalan tata surya. Guru dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengajar, metode pembelajaran ini disebut juga Computer Assisted Instruction (CAI). Melalui metode pembelajaran ini, siswa dapat lebih aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Metode CAI (Computer Assisted Instruction) umumnya menunjuk pada semua software pendidikan yang diakses melalui komputer dimana peserta didik dapat berinteraksi dengan komputer.


                                                                                                       


 


Kata Kunci: Pembelajaran, Tata surya, Computer Assisted Instruction.


Unduhan

 

REFERENSI


Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori + Pengembangannya. Cirebon: ANDI


 


K, Ichwan.2015.Membuat Media Pembelajaran dengan Adobe Flash CS6.Yogyakarta:ANDI


 


Retnoningsih, Endang. 2016. Metode Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Pada Sekolah Dasar Berbasis Computer Based Instruction (CBI). ISSN: 2355-3421. Bina Insani ICT Journal, Vol.3, No.1, Juni 2016: 194-204. Diambil dari: http://ejournal.binainsani.ac.id/index.php/BIICTJ/article/dowload/42/41


 


Puspitosari, A. Heni.2011.Animasi Grafis dengan Adobe Flash Pro CS5.PT.Skripta Media Creative


 


Ariyati, Sri dan Titik Misriati. 2016. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. ISSN: 2442-2436. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI Vol.II, No.1 Februari 2016: 116-121. Diambil dari: ejournal.bs.ac.id/ejurnal/index.php/jkt/article/download/369/278


 


Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta. PT. Prestasi Pustakaraya.


 


Adityarini, Esthi dan Syarifuddin. 2016. Animasi Interaktif Pengenalan Hijab untuk Pemula Sebagai Media Dakwah Islam. ISSN: 2442-2444. Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, Vol. II, No.1 Februari 2016. Diambil dari: http://ejournalab.com/index.php/jti/article/view/10


 


Setiyadi, Didik. 2016. Media Pembelajaran Untuk Anak Sekolah Dasar Tentang Pengenalan Tata Surya Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI). E-ISSN: 2548-3331. Information Management For Educators And Professionals, Vol.1, No.1, Desember 2016: 42-53. Diambil dari: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/155/274