Strategi Pengembangan Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Occupancy di Syariah Hotel Solo Jawa-Tengah

Lihat/Buka

Tanggal

2022-07-10

Abstraksi


Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui strategi Syariah Hotel Solo ditengah persaingan dengan hotel convention lain di Solo. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pengembangan marketing syariah di Syariah Hotel Solo. 3.Untuk mengetahui usaha marketing Syariah di Syariah Hotel Solo dalam melakukan pemasaran guna meningkatkan Occupancy (tingkat hunian kamar). Penelitian ini dilaksanakan di Syariah Hotel Solo Jawa-Tengah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode Focuses Interview atau wawancara terpusat. Informan dalam penelitian ini adalah yaitu Executive Asisten Manager (EAM), Director Of Sales (DOS), ecommerce dan Asisten Sales Manager (ASM), Sales Executive (SE) serta Public Relation Manager (PRM). Hasil penelitian ini menyimpul- kan bahwa strategi pengembangan marketing di Syariah Hotel Solo dalam bersaing dengan hotel convention lain telah dirumuskan serta tertencana. faktor yang mempengaruhi strategi pengembangan di Syariah Hotel Solo adalah sebagai berikut: Tidak bertentangan dengan Syariat keislaman. Pengembangan Produk harus berdasar atas kehalalan dengan bersertifikasi. Sesuai dengan konsep Syariah. Upaya-upaya yang dilakukan oleh Syariah Hotel Solo telah sesuai dan mengacu pada teori yakni in house selling dan costumer statisfacition.

 


Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Marketing Syariah, Meningkatkan Occupancy

Bidang ilmu
Pariwisata

References


Damardjati, R.S. 2006. Istilah Istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: PT. Pradya Paramita.

Hanafi, Abdillah. 1984. Memahami Komunikasi antar manusia. Jakarta: Usaha Nasional

Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

John M. Echols dan Hasan Shadili, 2007, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta, Gramedia.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kartajaya, Hermawan. 2003. Marketing In Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kertajaya, Hermawan., Muhammad Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Bandung: Mizan Media Utama.

Kotler, Philip. 2009. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Armsrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad, Ph.D. 2005. Strategi. Jakarta: Erlangga’

Rachmat. 2014. Manajemen Strategik. Bandung: Pustaka Setia.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana.

Satori, Djam’an., Komariah Aan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta: bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: bandung

Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulastiyono, Agus, Drs, M.Si. 2006. Manajemen penyelenggaraan Hotel: Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodas.  Alfabeta: bandung

Sulastiyono, Agus, Drs, M.Si. 2008. Teknik dan Prosedur Divisi Kamar Pada Bidang Hotel: Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodas.  Alfabeta: bandung

Surya, M. 1994. Bunga Rampai Psikologi Management : Kumpulan Karya Tulis Manajemen Psikologi Terapan Kepemimpinan Dalam Manajement dan Administrasi Pendidikan dan Latihan. Bandung ; Ilham Jaya.

Stanton, William J. 2001. Dasar-dasar Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Yoshida, Diah Tuhfat. 2004. Arsitektur Strategik: Sebuah Solusi Meraih Kemenangan dalam Dunia yang Senantiasa Berubah. Jakarta; PT Elex Komputindo Kelompok Gramedia.

 

Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987