Hasil
belajar merupakan salah satu bahan evaluasi bagi sekolah untuk mengukur
pencapaian siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 141 Jakarta,
peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengeruhi hasil belajar dan
membatasi pada faktor kecerdasan emosional, minat belajar, dan kedisiplinan.
Metode pengumpulan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan proporsi
pengambilan sampel Kelas VIII sebesar 51,53% dan Kelas IX sebesar 48,47% dari
83 responden. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan metode
analisis regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 78,3% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel kecerdasan
emosional, minat belajar dan kedisiplinan, adapun sisanya 21,7% dipengarui oleh
faktor lain diluar penelitian ini seperti kinerja guru, fasilitas belajar dan
budaya sekolah. Kecerdasan emosional, minat belajar dan kedisiplinan secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 141
Jakarta. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional, minat belajar dan
kedisiplinan siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa tersebut.
Tesis Lengkap - Johan Hendri Prasetyo (JNP), NIP: 202009174
A.M. Sardiman.
(2012). Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.
Al Fath, Ayatullah
Muhammadin. (2015). “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Dan Disiplin Terhadap
Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh”. Jurnal Pendidikan. ISSN
2086 – 1397. Vol. VI, No. 1, Hal. 1-11.
Asmani. (2010). Tips
Menjadi Guru Inspirartif, Kreatif, dan Inovatif. DIVA Press.
Yogyakarta.
Bruso, Jackie L. dan Jill E. (2016). “The Use of Self-Regulated Learning Measure Questionnaires as a Predictor of Academic Success”. Association for Educational Communications & Technology. DOI 10.1007/s11528-016-0096-6.
Cetin, Baris. “Metacognition and Self-Regulated Learning in Predicting University Studets' Academic Achievement in Turkey”. Journal of Education and Training Studies. ISSN 2324-805X, E-ISSN 2324-8068. Vol. 5, No. 4, Hal. 132-138.
Dew, Robert, Andrzej Goscianski, Jo Coldwell dan Neilson. (2015). “Toward Frame Work for Aligning Learning Outcomes, Academic Literacies and Accesment Criteria”. Education Journal. DOI 10.1007/s10639-014-9329-5.
Ebinagbome, Michael Ewela dan Ismail Nizam. (2016). “The Impact of Emotional Intelligence on Student’s Academic Performance: A Study on Malaysian Tertiary Institution”. International Journal of Accounting & Business Management. ISSN: 2289-4519. Vol. 4, No. 1, Hal.10-18.
Febrianti, Lisa dan Lucky Rachmawati. (2018). “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk”. Jurnal Pendidikan. Vol. 6, No. 2, Hal. 69-75.
Goleman, Daniel. (2015). Emotional Intelligence: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ Cetakan XX. T. Hermaya. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Gorbunovs, Aleksandrs, Atis Kapenieks, dan Sarma Cakula. (2016). “Self-discipline as a key indicator to improve learning outcomes in e-learning environment”. Procedia - Social and Behavioral Sciences 231, Hal. 256 – 262.
Handayani, Veronika Tri. (2015). “Pengaruh Pengetahuan Awal, Kedisiplinan Belajar, dan Iklim Komunikasi Kelas Terhadap Hasil Belajar Produktif Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkalan”. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 3, No. 1, Hal. 91-102.
Ibrahim, Misykat Malik. (2011). Kecerdasan Emosional Siswa Berbakat Intelektual. Aaluddin Press. Makassar.
Jamilah, dan Gatot Insani. (2017). “The Influence of Classroom Climate, Learning Interest, Learning Discipline and Learning Motivation to Learning Outcomes on Productive Subjects”. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen. Vol. 3, No.2, Hal. 85-96.
Jeffrey, Ignatius dan Ade Zein. (2017). “The Effects of Achievement Motivation, Learning Discipline and Learning Facilities on Student Learning Outcomes”. International Journal of Development Research. ISSN: 2230-9926.Vol.7, Issue 9, Hal. 15471-15478.
Kintu, Mugenyi Justice, Chang Zhu, dan Edmond Kagambe. (2017). “Blended learning effectiveness: the relationship between student characteristics, design features and outcomes”. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14:7. DOI 10.1186/s41239-017-0043-4.
Maryani. (2016). “Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Palu)”. e Jurnal Katalogis. ISSN: 2302-2019. Vol. 4, No. 4, hal. 166-177.
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Cetakan kesembilan. Rosda. Bandung.
Nurochim. (2013). Perencanan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Nasional, dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan Pada SMP/MTS atau yang Sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang Sederajat.ver
Putri, Karbela,
Sutrisno Djaja, dan Bambang Suyadi. (2017). “Pengaruh Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar
Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran
2016/2017”. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu
Ekonomi, dan Ilmu Sosial. ISSN 1907-9990, E-ISSN 2548-7175. Vol. 11, No. 1, Hal. 67-74.
Pratama, Anggi Tias dan Aloysius Duran Corebima. (2016). “Contributions Emotional Intelligence on Cognitive Learning Result of Biology of Senior High SchoSol Students in Medan, Indonesia”. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 11, No.15, Hal. 8077-8087.
Qomariah, Siti Saptari dan I Ketut R Sudiarditha. (2016). “Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Siswa: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IIS SMA Negeri 12 Jakarta”. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. E-ISSN:2302– 2663. Vol. 4, No. 1, Hal. 33-47.
Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana. Jakarta.
Riwahyudin, Arvi.
(2015). “Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6, Edisi 1, Hal. 11-23.
Rosida, Vivi.
(2015). “Pengaruh Kecerdasan Emosional
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar”. Jurnal Sainsmat. ISSN 2086-6755. Vol. IV,
No. 2, Hal. 87-104.
Sarwono,
Sarlito Wirawan. (2013). Pengantar Umum Psikologi. Rajawali Pers.
Jakarta.
Sayari, Karima,
Revenio Jalagat, dan Van Dalluay. (2017). “Assessing the Relationship of Time
Management and Academic Performance of the Business Students in Al-Zahra
College for Women”. European Business & Management. DOI:
10.11648/j.ebm.20170301.11. Vol. 3, No. 1, 2017, Hal. 1-8.
Simba, Nicholas
Odoyo, John Odwar Agak dan Eric K. Kabuka. (2016). “Impact of Discipline on
Academic Performance of Pupils in Public Primary Schools in Muhoroni
Sub-County, Kenya”. Journal of Education and Practice . ISSN 2222-1735 (Paper),
ISSN 2222-288X (Online). Vol.7, No.6, Hal. 164-173.
Slameto.
(2013). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Jakarta.
Masha Smallhorn, Jeanne Young, Narelle Hunter dan Karen Burke da Silva.
(2015). “Inquiry-based learning to improve student engagement in a large first
year topic”. Student Success. ISSN:
2205-0795. Vol. 6, Issue 2, Hal. 65-71.
Sriyono, Heru. (2017). “The Effect of Emotional Intelligence and Student Learning Interest on the Achievement of Economic Learning at Madrasah Aliyah in Indonesia”. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 12, No. 10, Hal. 2177-2183.
Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Sinar Baru. Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharti, Muhammad
Darwis, Suwardi Anas. (2015). “Pengaruh
Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan
Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN se
Kecamatan Manggala di Kota Makassar”. Jurnal
Daya Matematis. Vol.3, No.1, Hal.10-19.
Suradi. (2011). Bimbingan Kesulitan Belajar. University Press IKIP Surabaya.
Susanto, Ahmad. (2013).
Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah
Dasar. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (17 ed.). Remaja Rosdakarya. Bandung.
Thobroni, Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Thoha, Imam dan Dwi Wulandari. (2016). “The Effect of Parents Attention And Learning Discipline on Economics Learning Outcomes”. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X. Vol. 6, Issue 2 Ver. I, Hal. 100-104.
Tridhonanto, Al. (2009). Melejitkan Kecerdasan Emosi (EQ) Buah Hati. Alex Media Komputindo. Jakarta.
Yaumi, Muhammad
dan Nurdin Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan
Jamak (Multiple Intelligences)
Mengeidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Kencana. Jakarta.
Yudha, Redi Indra.
(2018). “Pengaruh Disiplin Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil
Belajar Siswa SMK Unggul Sakti Kota Jambi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan
Kewirausahaan. Vol. 1, No. 1, Hal 21-31.
Zhang, Pengcheng, Zhe Wang, dan Olusola Adesope. (2015). “The Effects of Goal Type, Learning Interest, and Task Difficulty on Learning English Words”. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. Vol. 15, No. 2, pp. 32-46.