PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 141 JAKARTA

research
  • 18 Sep
  • 2022

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 141 JAKARTA

Hasil belajar merupakan salah satu bahan evaluasi bagi sekolah untuk mengukur pencapaian siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 141 Jakarta, peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengeruhi hasil belajar dan membatasi pada faktor kecerdasan emosional, minat belajar, dan kedisiplinan. Metode pengumpulan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan proporsi pengambilan sampel Kelas VIII sebesar 51,53% dan Kelas IX sebesar 48,47% dari 83 responden. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78,3% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel kecerdasan emosional, minat belajar dan kedisiplinan, adapun sisanya 21,7% dipengarui oleh faktor lain diluar penelitian ini seperti kinerja guru, fasilitas belajar dan budaya sekolah. Kecerdasan emosional, minat belajar dan kedisiplinan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 141 Jakarta. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional, minat belajar dan kedisiplinan siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa tersebut. 

Unduhan

 

REFERENSI

A.M. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Al Fath, Ayatullah Muhammadin. (2015). “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh”. Jurnal Pendidikan. ISSN 2086 – 1397. Vol. VI, No. 1, Hal. 1-11.

Asmani. (2010). Tips Menjadi Guru Inspirartif, Kreatif, dan Inovatif. DIVA Press. Yogyakarta.

Bruso, Jackie L. dan Jill E. (2016). “The Use of Self-Regulated Learning Measure Questionnaires as a Predictor of Academic Success”. Association for Educational Communications & Technology. DOI 10.1007/s11528-016-0096-6.

Cetin, Baris. “Metacognition and Self-Regulated Learning in Predicting University Studets' Academic Achievement in Turkey”. Journal of Education and Training Studies. ISSN 2324-805X, E-ISSN 2324-8068. Vol. 5, No. 4, Hal. 132-138.

Dew, Robert, Andrzej Goscianski, Jo Coldwell dan Neilson. (2015). “Toward Frame Work for Aligning Learning Outcomes, Academic Literacies and Accesment Criteria”. Education Journal. DOI 10.1007/s10639-014-9329-5.

Ebinagbome, Michael Ewela dan Ismail Nizam. (2016). “The Impact of Emotional Intelligence on Student’s Academic Performance: A Study on Malaysian Tertiary Institution”. International Journal of Accounting & Business Management. ISSN: 2289-4519. Vol. 4, No. 1, Hal.10-18.

Febrianti, Lisa dan Lucky Rachmawati. (2018). “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk”. Jurnal Pendidikan. Vol. 6, No. 2, Hal. 69-75.

Goleman, Daniel. (2015). Emotional Intelligence: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ Cetakan XX.  T. Hermaya. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gorbunovs, Aleksandrs, Atis Kapenieks, dan Sarma Cakula. (2016). “Self-discipline as a key indicator to improve learning outcomes in e-learning environment”. Procedia - Social and Behavioral Sciences 231, Hal. 256 – 262.

Handayani, Veronika Tri. (2015). “Pengaruh Pengetahuan Awal, Kedisiplinan Belajar, dan Iklim Komunikasi Kelas Terhadap Hasil Belajar Produktif Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkalan”. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 3, No. 1, Hal. 91-102.

Ibrahim, Misykat Malik. (2011).  Kecerdasan Emosional Siswa Berbakat Intelektual. Aaluddin Press. Makassar.

Jamilah, dan Gatot Insani. (2017). “The Influence of Classroom Climate, Learning Interest, Learning Discipline and Learning Motivation to Learning Outcomes on Productive Subjects”. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen. Vol. 3, No.2, Hal. 85-96.

Jeffrey, Ignatius dan Ade Zein. (2017). “The Effects of Achievement Motivation, Learning Discipline and Learning Facilities on Student Learning Outcomes”. International Journal of Development Research. ISSN: 2230-9926.Vol.7, Issue 9, Hal. 15471-15478.

Kintu, Mugenyi Justice, Chang Zhu, dan Edmond Kagambe. (2017). “Blended learning effectiveness: the relationship between student characteristics, design features and outcomes”. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14:7. DOI 10.1186/s41239-017-0043-4.

Maryani. (2016). “Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin  Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Palu)”. e Jurnal Katalogis. ISSN: 2302-2019.  Vol. 4, No. 4, hal. 166-177.

Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Cetakan kesembilan. Rosda. Bandung.

Nurochim. (2013). Perencanan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Nasional, dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan Pada SMP/MTS atau yang Sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang Sederajat.ver

Putri, Karbela, Sutrisno Djaja, dan Bambang Suyadi. (2017). “Pengaruh Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. ISSN 1907-9990, E-ISSN 2548-7175. Vol. 11,  No. 1, Hal. 67-74.

Pratama, Anggi Tias dan Aloysius Duran Corebima. (2016). “Contributions Emotional Intelligence on Cognitive Learning Result of Biology of Senior High SchoSol Students in Medan, Indonesia”. International Journal of Environmental & Science Education.  Vol. 11, No.15, Hal. 8077-8087.

Qomariah, Siti Saptari dan I Ketut R Sudiarditha. (2016). “Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Siswa: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IIS SMA Negeri 12 Jakarta”. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis.  E-ISSN:2302– 2663. Vol. 4, No. 1, Hal. 33-47.

Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Riwahyudin, Arvi. (2015). “Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6, Edisi 1, Hal. 11-23.

Rosida, Vivi. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar”. Jurnal Sainsmat. ISSN 2086-6755. Vol. IV, No. 2, Hal. 87-104.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2013). Pengantar Umum Psikologi. Rajawali Pers. Jakarta.

Sayari, Karima, Revenio Jalagat, dan Van Dalluay. (2017). “Assessing the Relationship of Time Management and Academic Performance of the Business Students in Al-Zahra College for Women”. European Business & Management. DOI: 10.11648/j.ebm.20170301.11. Vol. 3, No. 1, 2017, Hal. 1-8.

Simba, Nicholas Odoyo, John Odwar Agak dan Eric K. Kabuka. (2016). “Impact of Discipline on Academic Performance of Pupils in Public Primary Schools in Muhoroni Sub-County, Kenya”. Journal of Education and Practice . ISSN 2222-1735 (Paper), ISSN 2222-288X (Online). Vol.7, No.6, Hal. 164-173.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Masha Smallhorn, Jeanne Young, Narelle Hunter dan Karen Burke da Silva. (2015). “Inquiry-based learning to improve student engagement in a large first year topic”. Student Success. ISSN: 2205-0795. Vol. 6, Issue 2, Hal. 65-71.

Sriyono, Heru. (2017). “The Effect of Emotional Intelligence and Student Learning Interest on the Achievement of Economic Learning at Madrasah Aliyah in Indonesia”. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 12, No. 10, Hal. 2177-2183.

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Sinar Baru. Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharti, Muhammad Darwis, Suwardi Anas. (2015). “Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN se Kecamatan Manggala di Kota Makassar”. Jurnal Daya Matematis. Vol.3,  No.1, Hal.10-19.

Suradi. (2011). Bimbingan Kesulitan Belajar. University Press IKIP Surabaya.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (17 ed.). Remaja Rosdakarya. Bandung.

Thobroni, Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Thoha, Imam dan Dwi Wulandari. (2016). “The Effect of Parents Attention And Learning Discipline on Economics Learning Outcomes”. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X. Vol. 6, Issue 2 Ver. I, Hal. 100-104.

Tridhonanto, Al. (2009). Melejitkan Kecerdasan Emosi (EQ) Buah Hati. Alex Media Komputindo. Jakarta.

 

Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan

Jamak (Multiple Intelligences) Mengeidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak.  Kencana. Jakarta.

Yudha, Redi Indra. (2018). “Pengaruh Disiplin Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Unggul Sakti Kota Jambi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 1, No. 1, Hal 21-31.

Zhang, Pengcheng, Zhe Wang, dan Olusola Adesope. (2015). “The Effects of Goal Type, Learning Interest, and Task Difficulty on Learning English Words”. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. Vol. 15, No. 2, pp. 32-46.