Review mengenai tempat wisata
memudahkan pengunjung lain untuk mengetahui keadaan tempat tersebut dan menjadi masukan untuk
pengunjung lain. Analisis sentimen diperlukan
untuk mengambil keputusan yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui akurasi analisis sentimen
dengan menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor yang mana review menggunakan teks berbahasa Indonesia.
Kelebihan k-NN memiliki prinsip sederhana, bekerja berdasarkan jarak terpendek dari sampel uji
dan sampel latih. Pada penelitian ini preprocessing yang digunakan yaitu tokenize, filter
stopword dan bi-gram. Data yang digunakan terdiri dari 50 review positif dan 50 review negative.
Eksperimen telah dilakukan dengan mengubah nilai k dan didapat akurasi yang terbesar dengan nilai
k=7 dengan akurasi 77.01, precission
92.38, recall 61.56 dan nilai AUC 0.894.
Jurnal
Peer Review
Peer Review
Laporan Turnitin
Bramer, M. (2007). Principles of
Data Mining. Springer.
Budianto, A., Maryono, D., &
Ariyuana, R. (2018). Perbandingan
K-Nearest Neighbor (KNN) Dan Support
Vector Machine (SVM) Dalam Pengenalan Karakter Plat Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK), 11(1), 42–52. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i1.2 1088
Ernawati, S., & Wati, R.
(2018). Penerapan Algoritma K-Nearest
Neighbors Pada Analisis Sentimen Review
Agen Travel. Jurnal Khatulistiwa Informatika, VI(1), 64–69.
Fitrianti, R. P., Kurniawati, A.,
& Agusten, D. (2019). Terhadap
Analisis Sentimen Review Restoran Dengan
Teks Bahasa Indonesia. Seminar Nasional
Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi)
2019, 27–32.
Han, J., & Kamber, M. (2006).
Data Mining Concepts dan Technique.
Elsevier.
Ipmawati, J., Kusrini, &
Taufiq Luthfi, E. (2017). Komparasi
Teknik Klasifikasi Teks Mining Pada Analisis Sentimen. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(1), 28–36.
Irfan, M. R., Fauzi, M. A., &
Tibyani. (2018). Analisis Sentimen
Kurikulum 2013 pada Twitter menggunakan Ensemble Feature dan Metode KNearest Neighbor. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3006–3014. http://j-ptiik.ub.ac.id
M.Weiss, S., Indurkhya, N., &
Zhang, T. (2010). Texts in Computer
Science - Fundamentals of Predictive
Text Mining. Springer.
Nugraha, K. A., Hapsari, W.,
& Haryono, N. A. (2014). Analisis
Tekstur Pada Citra Motif Batik Untuk
Klasifikasi KNN. Informatika, 10(2),
135–140.
Nurjanah, W. E., Perdana, R. S.,
& Fauzi, M. A. (2017). Analisis
Sentimen Terhadap Tayangan Televisi Berdasarkan Opini Masyarakat pada Media Sosial Twitter menggunakan Metode K-Nearest Neighbor dan Pembobotan Jumlah Retweet. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(12), 1750– 1757. https://doi.org/10.1074/jbc.M209498200
Pravina, A. M., Cholissodin, I.,
& Adikara, P. P. (2019). Analisis
Sentimen Tentang Opini Maskapai
Penerbangan pada Dokumen Twitter
Menggunakan Algoritme Support Vector
Machine ( SVM ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(3), 2789–2797.
Romadloni, N. T., Santoso, I.,
& Budilaksono, S. (2019).
PERBANDINGAN METODE NAIVE BAYES , KNN DAN DECISION TREE TERHADAP ANALISIS SENTIMEN TRANSPORTASI KRL. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 3(2), 1– 9.
Rustiana, D., & Rahayu, N.
(2017). Analisis Sentimen Pasar Otomotif
Mobil: Tweet Twitter Menggunakan Naïve
Bayes. Simetris:
Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu
Komputer, 8(1), 113–120. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.841
Salam, A., Zeniarja, J.,
Septiyan, R., Khasanah, U., Studi, P.,
Informatika, T., Komputer, F. I.,
Nuswantoro, U. D., & Analysis, S.
(2018). ANALISIS SENTIMEN DATA KOMENTAR SOSIAL MEDIA FACEBOOK DENGAN K-NEAREST NEIGHBOR ( STUDI KASUS PADA AKUN JASA. SINTAK 2018, 480–486.
Zulfa, I., & Winarko, E.
(2017). Sentimen Analisis Tweet
Berbahasa Indonesia Dengan Deep Belief
Network. IJCCS (Indonesian Journal of
Computing and Cybernetics Systems),
11(2), 187. https://doi.org/10.22146/ijccs.24716