Paradigma Analisis Tingkat Penerimaan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Zoom Meeting Sebagai Media Perkuliahan Menggunakan Metode TAM

Abstraksi

Teknologi yang semakin maju memudahkan siapa saja menafaatkannya untuk berbagai kegiatan,
seperti kegiatan perkuliahan. Terlebih di masa pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2019 hingga sampai
penelitian ini dilakukan. Kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran virus
ini.Salah satu teknologi yang banyak digunakan ketika pandemi COVID-19 adalah video conference. Dengan
video conference pertemuan dapat dilakukan meski orang yang hadir saling berjauhan. Zoom merupakan satu
aplikasi berbasis online yang kini ramai digunakan untuk media komunikasi dengan video. Zoom adalah satu
aplikasi video conference yang ramai saat ini digunakan dalam berbagai kegiatan, termasuk kegiatan
perkuliahan. Karena hal tersebut penting untuk mengetahui seberapa besar penerimaan mahasiswa terhadap
aplikasi Zoom yang mereka gunakan untuk perkuliahan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode
Technology Acceptance Model atau TAM yang terdiri dari tiga konstruk yaitu Perceived of Usefulnes, Perceived
Ease of Use dan Acceptance of Tehcnology. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner dengan skala likert
1 sampai dengan 5. Data yang telah diperoleh lalu dihitung dengan menggunakan metode Structural Equation
Model atau SEM yang terdiri dari perhitungan Outer Model dan Inner Model. SEM adalah teknik analisa yang
memungkingkan pengujian rangkaian hubungan simultan. Kesimpulannya didapatkan hasil dengan mengambil
nilai R-Square, konstruk pada metode TAM mampu mengukur sebanyak 63% studi kasus penerimaan
mahasiswa terhadap Zoom sebagai media perkuliahan

Kata Kunci: Analisis, TAM, Zoom

URI
http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/paradigma/article/view/973/666

Bidang ilmu
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

References

Andi Setiawan, M., & Suci Maghfirah, I. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 33–37.https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2565


Azkiya, F. (2021). Cara Mudah Menggunakan Zoom. Inoffast Publishing Indonesia.https://books.google.co.id/books?id=dhFBEAAAQBAJ


Ciotti, M., Ciccozzi, M., Terrinoni, A., Jiang, W. C., Wang, C. Bin, & Bernardini, S. (2020). The COVID-19 pandemic. Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences, 0(0), 365–388. https://doi.org/10.1080/10408363.2020.1783198


Gardenia, Y. (2018). Metode Structural Equation Model (SEM) Pada Pengukuran Kualitas Website Pemesanan Makanan Online. JSI (Jurnal Sistem Informasi), 54–62.


Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya. 4(2), 163–173.


Kusumaningtyas, R. H., & Rahajeng, E. (2017). PERSEPSI NASABAH AKAN LAYANAN ATM DAN E-BANKING DENGAN METODE TAM. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 10(2). https://doi.org/10.1090/s0002-9939-02-06464-x.


Rahman, F., & Islam, A. (2021). Exploring paratransit service quality based on low-income women’s perception: A case study in Dhaka city by structural equation model (SEM). IATSS Research. https://doi.org/10.1016/j.iatssr.2021.11.009


Rozi, I., & Syarifudin. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan Media Audio  Visual Melalui Zoom Cloud Meeting Di Fakultas Tarbiyah Iai Qamarul Huda Bagu. Journal of Chemical Information and


Modeling, 11(9), 1689–1699.


Setia, D. P. (2016). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Pengolahan Data Statistik Rutin  (Sisr )Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Studi Kasus: Bkkbn Provinsi Riau). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.


Ekawardhana, N. E. (2020, August). Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media video conference. In Seminar Nasional Ilmu Terapan(Vol. 4, No. 1).