APLIKASI E-TUGAS BERBASIS ANDROID

Abstraksi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara tidak langsung telah banyak mempengaruhi dunia pendidikan dan pembelajaran saat ini, perkembangan tersebut sangat banyak membawa perubahan yang signifikan dalam percepatan dan inovasi penyelenggraan pendidikan. Aplikasi E-Tugas ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan dalam bidang teknologi khususnya bagi siswa siswi sebagai media dalam pelaksanaan bidang akademik.aplikasi ini untuk memudahkan siswa siswi untuk lebih mudah mengerjakan tugas dengan menggunakan handphone atau disebut android serta memudahkan guru mengupload tugas dengan menggunakan website.dengan adanya perkembangan teknologi membuat manusia untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Salah satunya yaitu aplikasi E-Tugas dengan memanfaatkan fasilitas website dan aplikasi android terhubung ke internet, Aplikasi ini di rancang suatu sistem informasi berbasis web dan berbasis android dan berbasis web menggunakan bahasa pemrograman Java untuk android, PHP untuk web ,dengan databse PhpMyAdmin dan adanya berbasis android menggunakan aplikasi android studio dengan menggunakan bahasa pemrograman firebase,dengan sistem ini ,diharapkan mampu mengatasi berbagai kebutuhan dari user dan siswa siswi untuk mengupload atau mengerjakan tugas yang sudah di tentukan.Dari hasil ini yang telah dilaksanakan penulis mengimplementasikan hasil aplikasi ini kedalam perancangan sistem informasi E- Tugas berbasis Android dan Web Di SMA Negeri 50 Jakarta Timur.

 

Kata Kunci: PHP, java, Android,Web, E-Tugas

Bidang ilmu
Etika IT (IT Ethics)

References

[1] H. Cahyono and I. Iswati, Memahami Peran Dan Fungsi Perkembangan Peserta Didik Sebagai Upaya Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum,” Elem. J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, p. 47, 2018, doi: 10.32332/elementary.v4i1.1031.

[2]       Haris Budiman, Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,”

 

Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. I, pp. 31–43, 2014.

 

[3] Mohammad Yazdi, E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi,” J. Ilmua Foristek, vol. 2 (1), no. 1, pp. 143–152, 2012.

[4] R. Ariani Sukamto and M. Salahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2015.

[5] Wardana, Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010.

[6]  A. Sallaby, Utami, Aplikasi Widget Berbasis Java,” J. Media Infotama, vol. 11, no. 2, pp. 171–180, 2015, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j- ptiik/article/download/530/217/.

[7] J. Andi, Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015, [Online]. Available: elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375.

[8]       B. A. B. Ii and T. Pustaka, Bab II 7, pp. 7–21, 2012.

 

[9] A. Sofwan, Belajar Mysql dengan Phpmyadmin Pendahuluan,” Modul kuliah Graph. User Interface I di Perguru. Tinggi Raharja, pp. 1–29, 2011.

 

66


67

 

 

 

 

[10] M. R. Arief, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2011.

[11] T. H. Cormen, Introduction to Algorithm Third Edition. Massachusetts: The MIT Press, 2009.

[12] G. G. Maulana, Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemrograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web,” J. Tek. Mesin, vol. 6, no. 2, p. 8, 2017, doi: 10.22441/jtm.v6i2.1183.

[13] A. Osterwalder and Y. Pigneur, Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2010.

[14] D. Hartama and M. Zarlis, APLIKASI E-TUGAS BERBASIS WEB CMS STUDI KASUS AMIK TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR Seminar dan Call For

Paper Munas Aptikom Seminar dan Call For Paper Munas Aptikom,” pp. 327–334, 2010.

[15] Mulyadi, Universitas Kristen Maranatha, PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG TEMPE KEDELAI (Glycine max Merrill) SELAMA MASA PREPUBERTALTERHADAP VIABILITAS SPERMATOZOA MENCIT JANTAN GALUR SWISS WEBSTER Antonius, vol. 5, no. 1983, pp. 39–40, 2007.

[16] S. Husnulwati, L. Sardana, and Suryati, Pengembangan E-Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Aplikasi Android,” Indones. J. Educ. Res. Rev., vol. 3, no. 3, pp. 1–8, 2019.

[17] M. Komarudin, Pengujian perangkat Lunak metode Black box berbasis partitions pada aplikasi sistem informasi di sekolah,” J. Mikrotik, vol. o6, no. 3, pp. 02–16,


 

2016, doi: http://dx.doi.org/10.1016/j.brat.2012.09.004.

 

[18] R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: ANDI, 2010.

[19] S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, Pengantar Unified Modeling LAnguage (UML),” IlmuKomputer.com, pp. 1–13, 2003, [Online]. Available: http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf.

[20 M. Brady and J. Loonam, Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Bradford: Emerald Group, 2010.

[21] H. Hasugian and A. N. Shidiq, Rancangan bangun system informasi industri kreatif bidang penyewaan sarana olahraga. Semarang: Semantik, 2012.

[22] I. Lestari, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata, 2013.