ANALISA KUALITAS SISTEM INFORMASI E-RAPORT PADA SEKOLAH SMPN 5 KOTA TANGERANG TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

research
  • 25 Aug
  • 2021

ANALISA KUALITAS SISTEM INFORMASI E-RAPORT PADA SEKOLAH SMPN 5 KOTA TANGERANG TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Sistem   e-Raport   digunakan   sebagai   sistem   informasi   yang   dirancang   oleh   sekolah   untuk   melakukan penginformasian  terhadap  perkembangan  siswa kepada  orang  tua,  yang  telah  dilaksanakan  hampir  diseluruh sekolah Negeri di Indonesia. SMPN 5 Kota Tangerang adalah salah satu sekolah negeri di Kota Tangerang yang menggunakan   Sistem   e-Raport   sebagai   media   pengganti   laporan   hasil   belajar   siswa   secara   manual. Permasalahan  yang  diangkat  adalah  apakah  kualitas  dari  Sistem  e-Raport  berpengaruh  terhadap  kepuasan pengguna. Penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna Sistem e-Raport menggunakan metode webQual 4.0 yang  terdiri  dari  3  variabel  yaitu  kualitas  kegunaan  (usability),  kualitas  informasi  (information  quality),  dan kualitas  interaksi  (interaction  quality).  Data  yang  digunakan  adalah  data  primer,  yaitu  dengan  menyebar kuesioner  menggunakan  skala  likert  dengan  20 butir  pernyataan  kepada 400  responden.  Data  yang  terkumpul setelahnya  diolah  menggunakan  analisis  regresi  linier  berganda  menggunakan  software  SPSS.  Berdasarkan variabel  webQual  4.0,  hasil  analisis  menunjukan  kualitas  kegunaan,  kualitas  Informasi,  dan  kualitas  interaksi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.

Unduhan

  • document.pdf

    Jurnal Infotech

    •   diunduh 983x | Ukuran 439 KB

 

REFERENSI

Darwi, Apris Robi, and Efrizon. 2019. “Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Eucs.” Jurnal Vokasional Reknik Elektronika Dan Informatika (Voteknika) 7 (1): 25–31.
Imron, Imron. 2019a. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.” IndonesianJournal on Software Engineering (IJSE) 5 (1): 19–28.
https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861.

———. 2019b. “Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: Rumah Wisata Keramik F.Widayanto Depok.” Jurnal Ilmiah Informatika Global 10 (1): 32–37. https://doi.org/10.36982/jig.v10i1.733.

kemendikbud. 2017. “Panduan E-Rapor SMP.” In .Jakarta.http://ditsmp.kemdikbud.go.id/erapor/.
Kharisma, Mala, and Sita Anggraeni. 2018.“Pengaruh Kualitas Layanan Bjb Net Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bjb
Rasuna Said Menggunakan Metode Webqual 4.0.” Jurnal TECHNO Nusa Mandiri 15 (1):13–18.
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/viewFile/808/pdf.

Wildaningsih, Wili, and Aneu Yulianeu. 2018.“Sistem Informasi Pengolahan Data Anggota Unit Keagiatan Mahasiswa (UKM) Zaradika STMIK DCI Tasikmalaya.” Jumantaka 2 (1):181 –90. http://jurnal.stmikdci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/364.

Winanti, Wiwin, Puji Yuniarti, and Siska Rahmadia Nengsih. 2020. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Sdm Dan Umum PT PLN (Persero) Jakarta Selatan.”Jurnal Ilmiah Manajemen 8 (3)