Sistem e-Raport digunakan sebagai sistem informasi yang dirancang oleh sekolah untuk melakukan penginformasian terhadap perkembangan siswa kepada orang tua, yang telah dilaksanakan hampir diseluruh sekolah Negeri di Indonesia. SMPN 5 Kota Tangerang adalah salah satu sekolah negeri di Kota Tangerang yang menggunakan Sistem e-Raport sebagai media pengganti laporan hasil belajar siswa secara manual. Permasalahan yang diangkat adalah apakah kualitas dari Sistem e-Raport berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna Sistem e-Raport menggunakan metode webQual 4.0 yang terdiri dari 3 variabel yaitu kualitas kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi (interaction quality). Data yang digunakan adalah data primer, yaitu dengan menyebar kuesioner menggunakan skala likert dengan 20 butir pernyataan kepada 400 responden. Data yang terkumpul setelahnya diolah menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Berdasarkan variabel webQual 4.0, hasil analisis menunjukan kualitas kegunaan, kualitas Informasi, dan kualitas interaksi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
Darwi, Apris Robi, and Efrizon. 2019.
“Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran
Menggunakan Metode Eucs.” Jurnal Vokasional Reknik Elektronika Dan Informatika
(Voteknika) 7 (1): 25–31.
Imron, Imron. 2019a. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan
Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.” IndonesianJournal
on Software Engineering (IJSE) 5 (1): 19–28.
https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861.
———. 2019b. “Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: Rumah Wisata Keramik F.Widayanto Depok.” Jurnal Ilmiah Informatika Global 10 (1): 32–37. https://doi.org/10.36982/jig.v10i1.733.
kemendikbud. 2017. “Panduan E-Rapor SMP.” In .Jakarta.http://ditsmp.kemdikbud.go.id/erapor/.
Kharisma, Mala, and Sita Anggraeni. 2018.“Pengaruh Kualitas Layanan Bjb Net Terhadap
Kepuasan Nasabah Bank Bjb
Rasuna Said Menggunakan Metode Webqual 4.0.” Jurnal TECHNO Nusa Mandiri 15
(1):13–18.
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/viewFile/808/pdf.
Wildaningsih, Wili, and Aneu Yulianeu. 2018.“Sistem Informasi Pengolahan Data Anggota Unit Keagiatan Mahasiswa (UKM) Zaradika STMIK DCI Tasikmalaya.” Jumantaka 2 (1):181 –90. http://jurnal.stmikdci.ac.id/index.php/jumantaka/article/view/364.
Winanti, Wiwin, Puji Yuniarti, and Siska Rahmadia Nengsih. 2020. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Sdm Dan Umum PT PLN (Persero) Jakarta Selatan.”Jurnal Ilmiah Manajemen 8 (3)