OPTIMALISASI KECEPATAN INTERNET MENGGUNAKAN PROXY SQUID DI PT. UTAC MANUFACTURING SERVICES INDONESIA

Abstraksi

Kemajuan dunia informasi teknologi dan perkembangan jumlah pengguna internet karenakan adanya perkembangan teknologi yang semakin meningkat. Pengguna layanan internet saat ini telah dimanfaatkan oleh siapa saja dan bidang mana saja. Salah satunya bidang manufacturing atau di pabrik, pemanfaatan teknologi internet telah dirasakan langsung oleh pihak perusahaan atau pabrik yang dapat meningkatkan proses dan hasil kerja menjadi lebih optimal. Terbatasnya kecepatan internet dan banyaknya pengguna dapat mempengaruhi kecepatan akses dan tidak dibarengi dengan penambahan suatu teknologi yang dapat mengatasi masalah internet dengan biaya yang dapat minimal. Berdasarkan kendala akses internet, penelitian ini mengusulkan perlunya instalasi proxy server dengan menggunakan squid pada sistem operasi Centos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan proxy server dengan menggunakan squid sehingga dapat mempercepat akses internet. Dengan akses internet yang lebih cepat maka dapat meningkatkan kinerja perusahaan PT. UTAC Manufcaturing Sevrices Indonesia.

URI
https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/informatika/issue/view/Teknologi%20Informasi%2C%20Sistem%20Cerdas%2C%20Ilmu%20Komputer

Bidang ilmu
Jaringan Komputer

References

Irsyadi FYA. 2012. Implementasi Squid Server Pada Proxy Cache Video. Jurnal Emitor. 12(1): 16 – 25.

Khasanah NF. 2014. Perancangan dan Simulasi Jaringan Komputer Menggunakan Graphical Network Simulator3 (GNS3). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Madcoms. 2009. Membangun Sistem Jaringan Komputer. Yogyakarta:

Andi. Pratama Y. 2010. Optimasi Squid Untuk Akses Ke Youtube: Yogyakarta.
Sanjaya R. 2005. Trik Mengelola Kuota Internet Bersama Squid. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Siregar E. 2010. Mengelola Jaringan Lebih Efektif dan Efisien. Yogyakarta:

Andi. Sulistyo P. 2008. Membangun Infrasturktur IT Menggunakan Squid Sebagai Proxy Server (Stdui Kasus Universitas Sahid Surakarta)