Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Betawi Berbasis Android

Abstraksi

Ibu kota negara Indonesia yang bernama Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta memiliki adat dan kebudayaan yang besar. Yang tidak ternilai harganya dan tidak ada di daerah lain. Betawi seharusnya menjadi identitas kota tapi semakin banyak kepentingan di kota jakata baik akibat masuknya budaya luar maupun kepentingan komersil budaya Betawi semakin jauh dari akar budayanya. Tentunya kondisi tersebut sangat dikhawatirkan kebudayaan Betawi akan semakin hilang keberadaannya. Aplikasi pengenalan budaya Betawi dibuat dengan metode waterfall dan algoritma sekuensial. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Android Studio dengan menggunakan Bahasa java. Aplikasi ini berisi informasi tentang budaya Betawi, yang dilengkapi dengan kuis, destinasi kuliner Betawi sehingga masyarakat dapat mencoba makanan Betawi, dan dilengkapi dengan kamus Betawi sehingga masyarakat dapat mengetahui Bahasa Betawi. Pada aplikasi ini diharapkan masyarakat Jakarta tidak melupakan budayanya yaitu budaya Betawi dan masyarakat di luar Jakarta dapat mempelajari budaya Betawi dengan tampilan yang mudah digunakan dan mudah dipahami sehingga berguna untuk melestarikan budaya Betawi.    

Kata Kunci: Android, Betawi, Informasi, Kuliner, Kamus.

URI
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/7098

Bidang ilmu
Mobile Application

References

Adelheid, A., & Simangunsong, A. (2017). manual book of android. Amperiyatno, T. (2014). Tips Ampuh Android (cara cepat dan bijak mendayagunakan perangkat android).

Harumy, T. H. F., Windarto, A. P., & Sulistianingsih, I. (2016). Belajar Dasar Algoritma Dan Pemrograman C++. Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak), IV(2), 107–116.

Imamah. (2016). Pemrograman Berbasis Mobile Menggunakan Android Studio. Kusniyati, H., & Nicky Saputra Pangondian Sitanggang. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android, 9(1), 9–18.

Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa, 4.II, 54– 67.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Values Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN ), I(3), 31–36.

Priarti Megawanti. (2015). Persepsi Masyarakat Setu Babakan Terhadap Perkampungan Budaya Betawi Dalam Upaya Melestarikan Kebudayaan Betawi, 7(3), 226–238.

R, E. M. S., Fuad, M., & Muhyiddin, N. M. (2015). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Kebudayaan 34 Provinsi Pada Siswa Berbasis Android, 978–979 Tabrani, M., & Pudjiarti, E. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Inventori PT. PANGAN SEHAT SEJAHTERA, 1(2), 30–40.


Wahyudi, I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia, V(1). https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2 Wardiningsih, S. (2014). LANSKAP BUDAYA WISATA BUDAYA BETAWI ( Studi kasus Kota Tua Jakarta Kota ), 13, 117–122.