SNIT 4 PENERAPAN ANIMASI EDUKASI MENGENAL TAJWID & HURUF HIJAIYAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Abstraksi

Pemahaman dalam membaca Al Qur’an bagi umat Islam di Indonesia merupakan suatu hal yang wajib dikuasai. Pembelajaran sejak usia dini dilakukan para orang tua secara langsung maupun tak langsung dengan mengajarkan cara membaca huruf Arab, sebagai bagian dari pelaksanaan dalam menjalankan keyakinan agamanya. Pada kenyataannya sebagian anak usia Sekolah Dasar masih banyak yang belum memahami cara membaca Al Qur’an terutama bacaan tajwid & hurufhijaiyah dikarenakan kurangnya pembinaan baik di Rumah maupun di Sekolah. Untuk dapat mempermudah anak usia Sekolah Dasar dalam mengenal Tajwid & huruf hijaiyah, maka dirancang Animasi Edukasi mengenal tajwid dan hurufHijaiyah secara standar dengan menggunakan Multimedia.

Dengan pembuatan Animasi Edukasi ini diharapkan dapat menambah alat bantu dalam proses belajar mengajar yang dibutuhkan dalam Model Pembelajaran Tajwid dan HurufHijaiyah, selain metode mengajar yang ada selama ini.


Kata Kunci: Animasi Edukasi, Model Pembelajaran, Multimedia, Tajwid dan Huruf Hijaiyah.

URI
http://seminar.bsi.ac.id/snit/index.php/snit-2014/article/view/276

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

[1]   A.S, Ranang, dkk. Animasi Kartun Dari Dialog Sampai Digital. Jakarta: PT. Index. 2010:9

[2]   Binato, Iwan,”Multimedia Digital Dasar Teori Dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Offset”, 2010

[3]   Faizin, Mohammad Noor.,”Penggunaan Model Pembelajaran Multimedia Interaktif (MMI) Pada Konsep Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Memperbaiki Sikap BelajarSiswa.” 2009:38 http://file.upi.edu/Direktori/Fip Di Akses 1 Juli 2011

[4]   Mushaf Al Qur’an. Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya, ISBN 979­16444-0-2, 2006 (QS Al Muzzammil [73]: 4).

[5] Pressman, Rogers, ”Rekayasa Perangkat lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi Offset”,2002

[6] Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka, 2002:53

[7]   Rahmawati,SitiSyarifah.”Pengaruh Penggunaan VCD Game Animasi Cermatika Sebagai Media Yang Atraktif dan Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita Ringan Kelas D2 SLB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran” 2009/2010:9

[8] Saguni, Fatimah.Prinsip-Prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia: Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar”.2006:148

[10] Script, Island, Panduan Mudah Membuat Animasi. Jakarta : Media Kita, 2008

[11] Sutjiono, Thomas Wibowo Agung, “Pendaya-gunaan Media Pembelajan

Diambil, 2005:76 dari http://www.bpkpenabur.com Di Akses 1 Juli 2011