SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN LEADER PRODUKSI PADA PT ARTHA UTAMA PLASINDO MENGGUNAKAN METODE AHP

Abstraksi


Mayenti Sigalingging (11170247), Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Leader Produksi Pada PT Artha Utama Plasindo Dengan Menggunakan Metode AHP


PT Artha Utama Plasindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang plastik. Setiap perusahaan pasti mengalami kendala-kendala di setiap manajemen nya. Departemen Produksi adalah menjadi pusat dari perusahaan, maka untuk itu sangat diperlukan penilaian dan pemilihan pemimpin dalam departemen tersebut secara teliti dan bijaksana, Selama ini penilaian hanyalah berdasarkan pengalaman dan sesuai dengan penilaian pimpinan saja, hal itu yang menjadi acuan untuk pemilihan leader. Untuk mengoptimalkan kualitas pemilihan leader yang benar-benar memiliki jiwa pemimpin maka perlu memilih melalui 5 kriteria atau dimensi dari kualitas mereka yaitu: leadership, kualitas inteligent (kapasitas), tanggungjawab, prestasi dan partisipasi. AHP sangat cocok dan fleksibel digunakan untuk menentukan kepuasan yang menolong seorang decision maker untuk mengambil keputusan yang efisien dan efektif berdasarkan segala aspek yang dimilikinya. Dengan data-data yang ada dan setelah dianalisis data yang dijadikan sample dikategorikan memberikan penilaian baik terhadap pemilihan leader.


 


Kata Kunci: Pemilihan Leader, Metode AHP

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References


Haryanto. 2012. Pemilihan Ketua Program Studi dengan Bantuan AHP. Surabaya. Jurnal Tekhnik Industri Vol.7, No.1  2012. Diambil dari : https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/4086.  (16 Januari 2018)


 


Kurniawan, Paulus dan Made Kembar Sri Budhi. 2017. Smart Leadership,Being a Leader. Yogyakarta: Andi.


Mamang Sangadji, Etta dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian,Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.


 


Maxwell, John C. 2015. The 17 Essential Qualities Of a Team Player. Surabaya: PT Menuju Insan Cemerlang.


Nasir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia


Safitri, Kamalia, Fince Tinus Waruwu dan Mesran. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi dengan Menggunakan Metode Analytical  Hierarchy Proces. ISSN: 2548-8368. Medan. Jurnal Tekhnik Informatika Vol.1, No.1. Diambil dari: http://stmikbudidarma.ac.id/ejurnal/index.php/mib/article/view/317.  (16 Januari 2018).


 


Sedarmayanti. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.


Setiawan, Santoso. 2013. Penerapan Analitycal Hierarchy Process Untuk Pemilihan scooter Matic. Jakarta. Jurnal Tekhnik Komputer. Vol.IX, No.1. Diambil dari: http://pilar.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/28.  (16 Januari 2018).


 


Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.


Sujarweni,Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka baru Press.


Turban, Efrain. 2011. Decission Support systems and Intelligent Systems. Yoyakarta: Andi.