Analisis Terhadap Data Penjualan Daging Sapi Menggunakan Algoritma Apriori

Abstraksi

Ihlas Wijaya (11190132),Analisis Terhadap Data Penjualan Daging Sapi Menggunakan Algoritma Apriori


Pada PT. Pusema Raya Utama Setiap Perusahaan memiliki strategi pemasaran masing-masing. Dengan data penjualan yang dimiliki maka dapat dimanfaatkan untuk menentukan strategi penjualan. Data miningdapatdigunakanuntukmemanipulasi data menjadiinformasi yang lebihberharga yang diperolehdengancaramengekstrasidanmengenalipola yang pentingdari data yang terdapatdalamsebuah basis. PT. Pusema Raya Utamamerupakanperusahaan yang menjualberbagaimacam Daging Sapi.Denganbanyaknya data transaksi yang terjadisetiapharinya, PT. Pusema Raya Utamabelumdikatakantertatarapidalampengolahan data penjualannya.Salah satumetode data mining yang paling cocokuntukmenentukanstrategipenjualanyaitudenganmenggunakanalgoritmaapriori. Dari penelitianmenggunakanAlgoritmaAprioriditemukanhasilprodukdagingsapi yang banyakterjualadalahUsshortrib, New Zealand striploin, Australia Minced beef dan Australia striploin. Denganmasing-masingprodukmemilikipresentaseadalah Us shortribdengan support 33,33% dan confidence 100%, New Zealand striploindengan support 50% dan confidence 100%, Australia Minced beef dengan support 100% dan confidence 100% dan Australia striploindengan support 83,33% dan confidence 100%. 

Kata Kunci: Penjualan, Data Mining, Algoritma Apriori

Bidang ilmu
Logika dan Algoritma Pemrograman

References