Penerapan Metode Algoritma Apriori Dalam Analisa Penjualan Merek Tas Gunung Pada Toko Pos 1

Abstraksi

Mochammad Nizar (11152585), Penerapan Metode Algoritma Apriori Dalam Analisa Penjualan Merek Tas Gunung Pada Toko Pos 1.


Sekarang ini, mendaki gunung sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi kalangan anak muda. Industri outdoor yang memproduksi pakaian, tas dan sepatu olahraga pun ikut berkembang dan mengikuti keinginan pasar. Setiap perusahaan dalam memproduksi produknya memiliki merek tersendiri. Toko Pos 1 merupakan salah satu toko yang menjual berbagai alat pendakian yang biasa digunakan para pendaki untuk naik gunung. Selain itu, toko Pos 1 juga sulit mendapatkan informasi yang update mengenai tingkat penjualan perperiode. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah suatu sistem pendukung keputusan dan metode yang dapat digunakan untuk merancang sebuah strategi bisnis yang dapat menyediakan suatu informasi yang efisien dan efektif, yaitu data mining dengan menggunakan metode asosiasi algoritma apriori. Penulis mengkhususkan mengambil produk tas gunung saja sebagai bahan penelitian dengan memilih delapan merek, meliputi Avtech, Consina, Co-trek, Cozmed, Eiger, Forester, Rei, Rugi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan perhitungan algoritma apriori dengan menguji hipotesis dua variable antara nilai support dan nilai confidence. Setelah itu, dilakukan perhitungan algoritma apriori menggunakan Tanagra. Bedasarkan Analisa yang dilakukan penulis, bahwa carrier yang paling diminati oleh pendaki adalah Avtech, Consina, Cozmed. Dari hasil tersebut bisa digunakan oleh toko pos 1 untuk mempersiapkan stok merek produk tas gunung yang banyak dibeli oleh pembeli dan menambah persediaan merek. 

Kata Kunci: Merek, Data Mining , Algoritma Apriori.

Bidang ilmu
Logika dan Algoritma Pemrograman

References