sistem pendukung keputusan pemilihan bibit sapi unggul menggunakan metode simple additive weighting (SAW) pada peternakan sapi ngudi lancar singasari jawa tengah.

research
  • 10 Sep
  • 2020

sistem pendukung keputusan pemilihan bibit sapi unggul menggunakan metode simple additive weighting (SAW) pada peternakan sapi ngudi lancar singasari jawa tengah.


Zukron Arif Hidayat (11180883), sistem pendukung keputusan pemilihan bibit sapi unggul menggunakan metode simple additive weighting (SAW) pada peternakan sapi ngudi lancar singasari jawa tengah.


Berternakmerupakansuatukegiatandalammeningkatkanekonomi, khususnyabertenaksapi. Namun masih banyakmasyarakatyangbelummengertijenisbibitsapiunggul yang bagusuntukdikembangkansepertiapa.Penggunaan bibit unggul bermutu tinggi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam produktivitas usaha ternak. Karena itu ketersediaan bibit unggul bermutu tinggi bagi peternak dalam melakukan kegiatan usaha peternakan merupakan syarat penting dalam peningkatan hasil dan kualitas produksi. Dan sebagai peternak juga pastinya bingung dan kesulitan dalam memilih bibit sapi yang unggul sehingga mempertimbangkan fektor lain dalam pemilihannya. Mulai dari harga, umur ternak, bentuk atau postur tubuh, ternak sehat, nafsu makan dan mata bersinar.DalampenelitianinipenelitiinginmembuatSistemPendukung Keputusan yang digunakanuntukmenentukansapi yang berkualitas yang akandigemukkanbagipeternak yang masihbaruatautahapbelajar. SampelpenelitianadatigajenissapiyaitujenissapiSubmenntal, sapilimousin, dan sapilokalatausapijawa. Metode yang digunakandalampemilihankualitasbibitsapiunggulmenggunakanmetodesimple additive weighting (SAW), yang akanmemberikaninformasi dan membantupenggunadalampengambilankeputusanmengenai bibitsapi yang akanmerekagunakan. Bibitsapiunggulsangatpentingsekalibagikitakarena bibit sapimerupakanfaktorutama dan penentukeberhasilanbudidayakita. Makadariitusayaakanmengulasmengenaicaramemilih bibit sapi yang unggul




Unduhan

  • 11180883.pdf

    Zukron Arif Hidayat

    •   diunduh 153x | Ukuran 216 KB

 

REFERENSI