PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DASAR BAHASA MANDARIN BERBASIS ANDROID

research
  • 27 Aug
  • 2020

PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DASAR BAHASA MANDARIN BERBASIS ANDROID

Salah satu kesulitan dalam mempelajari bahasa Mandarin adalah pengenalan karakter huruf Mandarin (hanzi) beserta cara penulisannya dan cara pelafalannya. Setelah mampu mengenali bahasa dasar tersebut, biasanya dipelajari kosakata pengenalan abjad dan angka ditemukan di kehidupan sehari-hari untuk pembelajaran lebih lanjut. Pembelajaran dengan cara ini dapat diterapkan untuk masyarakat umum. Karena itulah kosakata umum yang digunakan abjad dan angka. Untuk membantu masyarakat  dalam mempelajari dasar-dasar bahasa Mandarin, dibutuhkan media interaktif yang dapat menarik minat masyarakat dalam mempelajarinya. Android merupakan jenis smartphone yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Aplikasi Perancangan Aplikasi Pembelajaran Dasar Bahasa Mandarin Berbasis Android ini di rancang dengan menggunakan software android studio dan bahasa java. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall yaitu analisa, desain, kode program, pengujian. Aplikasi ini menampilkan beberapa menu belajar bahasa mandarin yang berisi belajar huruf dan angka. Dan aplikasi ini di lengkapi soal acak untuk melatih pengetahuan pengguna,, untuk menu soal acak penulis menggunakan metode algoritma Fisher-Yates Shuffle. Selain itu aplikasi ini dilengkapi teks, suara dan gambar sehingga dapat mempermudah pengguna untuk mempelajarinya. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya para pelajar dalam memahami dasar-dasar bahasa Mandarin.

Unduhan

 

REFERENSI

Afriliana, I., & Budihartono, E. (2018). Peningkatan Ketrampilan Multimedia CorelDraw Di SMK Assalafiyah kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB, 1(1), 55–61.

 

Agustian Noor. (2017). Aplikasi Kisah 25 Nabi Dan Rasul Berbasis Android. Jurnal Sains Dan Informatika, 2(2).

 

Dan, I. A. F. (2016). Fuzzy Tsukamoto Dalam Game Kuis Tebak. I(1), 51–58.

 

Efendi1, Y. (2016). Penerapan Teknologi AR (Augmented Reality) pada Pembelajaran Energi Angin Kelas IV SD di Rumah Pintar Al-Barokah. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 29–47. https://doi.org/10.15408/sijsi.v9i1.2962

 

Karman, J. (2018). Perancangan Sistem Pengolahan Data Pasien Persalinan (Partus) Pada Klinik Citra Adinda Tugumulyo Berbasis Web Menggunakan Metode Object Oriented Programming (Oop). Jurnal TIPS : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Sekayu, 8(1), 55–66. Retrieved from http://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/view/115

 

Mair, Z. R. (2017). BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA MATA KULIAH PRAKTIKUM SISTEM OPERASI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK SEKAYU Zaid Romegar Mair NIDN 0213028601 Teknik Informatika Politeknik Sekayu Email : Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu, VII(2), 24–32.

 

Mintowati, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Mandarin. Jurnal Cakrawala Manadarin, 1(1), 1–10. Retrieved from http://jurnal-apsmi.org/index.php/CM/article/view/25

 

Nofli K. Staal, Steven R. Sentinuwo, A. M. S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pemantauan Trafik Lalu Lintas Menggunakan GPS Smartphone. Jurnal Teknik Informatika, 13(1).

 

Pratama, N. A., & Hermawan, C. (2016). APLIKASI PEMBELAJARAN TES POTENSI AKADEMIK BERBASIS ANDROID komputer yang dibuat untuk menolong manusia Dalvik Virtual Machine ( DVM ) adalah Android SDK adalah tools API ( Application Examination ) yang sudah menjadi standar Pengertian Android Android ad. 6, 1–6. Retrieved from http://jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/11/13

 

Putri, M. E., & Wulandari, D. A. N. (2016). Sistem Informasi Monitoring Siswa Berbasis Web Dan SMS Gateway Pada SMK Negeri 37 Jakarta. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, II(2), 49–55.

 

Sallaby, A. F., Utami, F. H., & Arliando, Y. (2015). Aplikasi Widget Berbasis Java. Jurnal Media Infotama, 11(2), 171–180.

 

Sampurno, S. H. (2016). Aplikasi Permainan Susun Kata Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Algoritma Knuth–Morris–Pratt Dan Fisher-Yates Shuffle. Matics, 7(2), 83. https://doi.org/10.18860/mat.v7i2.3283

 

Supriadi, N., & Soedirman, U. J. (2018). ANALISIS KESALAHAN PENULISAN HURUF HANZI BAHASA MANDARIN OLEH PEMBELAJAR PEMULA DI PURWOKERTO. 9(1).

 

Syani, M., & Werstantia, N. (2018). Perancangan Aplikasi Pemesanan Catering Berbasis Mobile Android. Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 1(September), 86–95.