RANCANGAN APLIKASI ALARM PENGINGAT BERBASIS ANDROID

research
  • 25 Aug
  • 2020

RANCANGAN APLIKASI ALARM PENGINGAT BERBASIS ANDROID

ABSTRAK

 

Bagus Mardika Putra (12140360), Rancangan Aplikasi Alarm Pengingat Berbasis Android

 

Aplikasi alarm pada smartphone android masih kurang maksimal dalam membangunkan atau mengingatkan pengguna. Hal ini disebabkan ketika alarm aktif (berbunyi) pada umumnya pengguna hanya menekan tombol matikan atau tombol tunda (snooze) kemudian kembali tidur atau melakukan aktivitasnya kembali. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian bagi pengguna, terutama pengguna mahasiswa maupun pekerja karena dapat mengakibatkan pengguna tersebut terlambat berkuliah atau bekerja. Alarm adalah suatu aplikasi peringatan yang berupa bunyi, sedangkan pengingat (reminder) berfungsi sebagai pengingat yang menampilkan pesan berupa agenda yang akan dikerjakan. Aplikasi alarm pengingat akan sangat bermanfaat, karena aplikasi ini akan disuguhkan dengan pertanyaan-pertanyaan secara acak dan pengguna wajib menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan benar untuk mematikan suara alarm dari aplikasi alarm pengingat, sehingga membuat pengguna benar-benar sadar akan adanya pengingat yang aktif. Aplikasi ini dibekali algoritma fisher-yates shuffle sebagai algoritma pengacak untuk mengacak pertanyaan-pertanyaan yang ada. Tools yang digunakan dalam pembuatan aplikasi alarm pengingat berbasis android adalah android studio versi 3.0.

Unduhan

  • 12140360.pdf

    SKRIPSI

    •   diunduh 870x | Ukuran 176 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

A, A. A. T., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Sistem Informasi Geografis Asrama Mahasiswa Aceh Berbasis LBS (Location Based Service) “Saweue Syedara” Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(1), 8–12. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.3.1.2015.8-12

Gani, A., & Marlinda, L. (2017). Aplikasi Pembelajaran Trigonometri Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle, III(2), 114–119.

Handayani, I., Aini, Q., & Oktavyanti, Y. (2015). ( REMINDER ) KEGIATAN AKADEMIK Perkembangan teknologi informasi memberikan pengaruh yang sangat besar di dalam kehidupan sehari-hari di sekitar dinding dan kalender meja , dan ada pula terdapat di ponsel . Penggunaan kalender di kalender cetak dikarenakan, 9(1), 13–26.

Harnaningrum. (2009). Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Java.

Herwanto, W., & Febrita, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Matakuliah Pemrograman Berorientasi Objek Heru Wahyu Herwanto, Ruth Ema Febrita, 11–18.

Imamah. (2016). Pemrograman Berbasis Mobile Menggunakan Android Studio. Yogyakarta: Deepublish.

Kadir, A. (2013). From Zero to a PRO Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta: ANDI.

Karuniawati, S., Widowati, S., & Hakim, I. L. (2015). Implementasi Metode Cause Effect Graphing (CEG) dalam Pengujian Requirement Perangkat Lunak (Studi Kasus: Aplikasi G-College). E-Proceeding of Engineering ISSN 2355-9365, 2(2), 6475–6480. Retrieved from http://bit.ly/2zWLG5I

Khan, M. E. (2011). Different Approaches to White Box Testing Technique for Finding Errors.

Makiolor, A. A. A., Sinsuw, A. A. E., & Najoan, X. B. N. (2017). Rancang Bangun Pencarian Rumah Sakit , Puskesmas dan Dokter Praktek Terdekat di Wilayah Manado Berbasis Android. E-Journal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, 10(1), 1–10.

Purwanto, D. D. (2014). Aplikasi Reminder Pada Android Mobile Device, 20(1), 17–23.

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 1–8.

Ramadhan, T., & Utomo, V. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus: Stmik Provisi Semarang). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 47–55. https://doi.org/10.1234/JTIK.V5I2.93

Retnoningsih, E. (2015). Sistem Informasi Simpanan dan Pembiayaan Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al-Multazam Kabupaten Tegal. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–9. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=379099&val=8382&title=Sistem  Informasi Simpanan dan Pembiayaan  Pada Baitul Maal wat Tamwil %28BMT%29 Al-Multazam Kabupaten Tegal

Setiawan, E., Syaripudin, U., & Gerhana, Y. A. (2016). Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android. Jurnal Online Informatika (JOIN), 1(1), 28–33.

Silvia, A. F., Haritman, E., & Muladi, Y. (2014). Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android. Electrans 2014, 13(1), 1–10.

Siswanto, Y., & Putra, B. E. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Kelas VI Sekolah Dasar. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Kelas VI Sekolah Dasar, 5(4), 6. Retrieved from http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1019

Subaeki, B., & Ardiansyah, D. (2017). Implementasi Algoritma Fisher - Yates Shuffle Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris, 2(1), 67–74.

Wibawa, I. G. M. S., Sukarsa, I. M., Cahyawan, A. A. . A., & W. (2015). Aplikasi Sistem Reminder Masa Kadaluarsa Berbasis GIS dengan Platform Android.