Penerapan Metode Webqual 4.0 dan IPA Dalam Mengukur Kualitas Website VISLOG PT. Citra Surya Indonesia

research
  • 03 Aug
  • 2020

Penerapan Metode Webqual 4.0 dan IPA Dalam Mengukur Kualitas Website VISLOG PT. Citra Surya Indonesia

Peranan website sangat penting terutama pada sebuah organisasi ataupun perusahaan. Sejak digunakan yaitu pada sekitar tahun 2017 website VISLOG PT. Citra Surya Indonesia belum pernah dilakukan evaluasi sehingga pihak PT. Citra Surya Indonesia tidak mengetahui bagaimana kualitas website tersebut bagi penggunanya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tingkat kualitas website berdasarkan persepsi pengguna terhadap kualitas aktual yang dirasakan dan kualitas ideal yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan dimensi Webqual 4.0 yang bersifat penelitian deskriptif kuantitatif yang dinilai berdasarkan perspektif tingkat kinerja dan tingkat kepentingan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Data pengguna diperoleh dengan menyebarkan kuesioner berdasarkan 3 dimensi pada webqual 4.0, yaitu dimensi usability, information, dan interaksi layanan. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa situs web VISLOG sesuai dengan harapan pengguna dengan hasil analisis kesesuaian 101, 19% atau> 100% dan hasil analisis kesenjangan rata-rata (GAP) 0, 05 atau> 0. Hasil IPA menunjukkan kuadran III dan kuadran IV, kedua kuadran tersebut memiliki tingkat kinerja yang rendah yang akan mempengaruhi tingkat kepentingan atau harapan pengguna.

Unduhan

  • Cover & Daftar Isi Jurnal Vislog.pdf

    Dokumen Jurnal Penerapan Metode Webqual 4.0 dan IPA Dalam Mengukur Kualitas Website VISLOG PT. Citra Surya Indonesia

    •   diunduh 351x | Ukuran 876 KB
  • 2849-Article Text-8040-3-10-20200406.pdf

    Penerapan Metode Webqual 4.0 dan IPA Dalam Mengukur Kualitas Website VISLOG PT. Citra Surya Indonesia

    •   diunduh 783x | Ukuran 470 KB

 

REFERENSI

[1] L. A. Utami and A. Ishaq, “Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna,” J. Penelit. Tek. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 31–37, 2018. 

[2] H. B. Kusuma, Suprapto, and H. M. AzZahra, “Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 2344–2353, 2019. 

[3] R. K. D. Siregar and R. A. Fitriawan, “Analisis Kualitas Website ruangguru.com Menggunakan WebQual 4 . 0 dan IPA (Importance Performance Analysis),” eProceeding Manag., vol. 5, no. 1, pp. 1201 1208, 2018. 

[4] B. S. Santoso and M. F. Anwar, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus,” Natl. Conf. Inf. Technol. Tech. Eng., no. September, pp. 1–8, 2015. 

[5] C. L. Sari and S. Wibowo, “Analisis Kualitas Website UDATA.ID Telkom Digital Service Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” eProceedings of Applied Science, vol. 3, no. 2, p. 38, 2017. 

[6] O. G. Hekhmatyar and D. Supriyadi, “Measurement Satisfaction Information System Quality Service On BSI Using Webqual And CSI,” Indones. J. onComputer Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2017. 

[7] R. Li, S. Ding, and A. Dang, “Suboptimal maximum likelihood detection of on–off keying for a wireless optical communication system,” J. Opt. Soc. Am. A, vol. 34, no. 5, p. 798, 2017. 

[8] Syaifullah and D. Soemantri, “Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: CV. Zamrud Multimedia Network),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2016. 

[9] A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Metode Webqual 4.0 Untuk Evaluasi Kualitas Website Politeknik Negeri Sriwijaya,” Pros. Semin. Nas. Stat. Univ. diponegoro SNATI F Ke- 4, pp. 91–96, 2017.

[10] W. S. Fatmala, Suprapto, and A. Rachmadi, “Analisis Kualitas Layanan Website ECommerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 175–183, 2018. 

[11] D. Napitupulu, A. F. Ariani, and J. A. Kadar, “Analisa Kualitas Website Intra Lipi Berbasis Pendekatan Webqual Dan Importance Performance Analysis : Studi Kasus Di Satker X,” 11th Annu. Meet. Test. Qual. 2016, no. August, pp. 404–419, 2016. 

[12] S. Maulidah,  D. Koestiono and P. D. Ramadhani, “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kinerja Pelayanan 34 Pemasok Bunga Potong Krisan,” Habitat, vol. 25, no. 13, pp. 151–161, 2014. 

[13] M. Senata, “Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Pada Indeks Lq-45 Bursa Efek Indonesia,” J. Wira Ekon. Mikrosil, vol. 6, no. 01, pp. 73–84, 2016. 

[14] B. Y. R. Kurniawan, Analisis Regresi : Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2016. 

[15] Nurhidayati and K. Yuliantari, “Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet,” Widya Cipta - J. Sekr. dan Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 69–75, 2018.