Klasifikasi Nilai Akademik Siswa Berdasarkan Hasil Pemeriksaan Psikologi Pada Proses Penerimaan Siswa Baru

Lihat/Buka

Tanggal

2019-11-30

Penerbit

IKRA-ITH Jurnal Informatika, Universitas UPI YAI

Abstraksi

Nilai akademik siswa merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan mutu pendidikan sebuah sekolah. Tidak semua siswa dengan kecerdasan intelektual yang tinggi (diatas rata-rata) memiliki nilai akademik yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi Nilai akademik siswa berdasarkan hasil pemeriksaan psikologik calon siswa pada psoses penerimaan siswa baru. Terdapat beberapa metode klasifikasi yang dapat digunakan dalam menggali pola klasifikasi data, dalam penelitian ini akan digunakan metode C4.5 untuk menghasilkan klasifikasi nilai akademik siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak sekolah dapat memetakan potensi akademik siswa berdasarkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi siswa, untuk mendapatkan klasifikasi nilai akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi nilai akademik siswa adalah kecerdasan intelektual, dengan akurasi 54,17%.

Kata Kunci: intelektual, kecerdasan emosi, nilai akademik, Algoritma C4.5.

URI
https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/592/443

Bidang ilmu
Data Mining

References

Akbar, R, 2003, Psikologi perkembangan anak: Mengenal sifat, bakat, dan perkembangan anak. Jakarta, PT. Gramedia.

Deviyanti, Sofi, 2014, Perbandingan Kinerja Algoritma Id3 Dan C4.5 Dalam Klasifikasi Spam-Mail, Universitas Gunadarma, Jakarta

Dhika, Harry, 2015, Kajian Perancangan Rule Kenaikan Jabatan PT. ABC, Jurnal SIMETRIS, Vol 6 No 2 November 2015, ISSN: 2252-4983

Julianto, Windy Dkk, 2014, Algoritma C4.5 Untuk Penilaian Kinerja Karyawan, Scan Vol. Ix Nomor 2 Juni 2014 Issn: 1978-0087

Mubayidh, Makmun, 2006, Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak, referensi penting bagi para pendidik dan orangtua (Edisi Indonesia), Jakarta, Pustaka Al kautsar.

Nauli Thalib, Eva, Hubugnan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan emosional, 2013, Jurna Ilmiah Didaktika, Februari 2013, Vol. XIII, No. 2., 284 – 399.

Nugroho, A.S., Witarto, A.B. dan Handoko, D. 2003, Application of Support Vector Machine in Bioinformatics, Proceeding of Indonesian Scientific Meeting in Central Japan, Gifu-Japan, December 20, 2003

Prasitha Silen, Adhi, Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Akademik, 2014, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2014, Hal. 116 – 133, Vol. 21 No. 2, ISSN. 1412 – 3126.

Prio Abadi, Laksana, 2016, Kajian Penerapan Algoritma C4.5, Naive Bayes, Dan Neural Network Dalam Pemilihan Dosen Teladan: Studi Kasus Universitas Indraprasta, Faktor Exacta 9(3): 237-246, 2016 p-ISSN: 1979-276X e- ISSN: 2502-339X, Jakarta, Universitas Indraprasta PGRI

Rahmasari, Lisda, 2012, Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan, Majalah Iliah InformatikaVol. 3. No. 1.

Wu, Xindong And Vipin Kumar, 2009, The Top Ten Algorithm In Data Mining, Crc Press, Taylor & Francis Group, Llc

Trewartha, G.T., & Horn, L.H. (1980). An introduction to climate. New York: McGraw-Hill.