PILAR NUSAMANDIRI Analisa Serta Rancangan Komputerisasi Sistem Pada Perbaikan dan Perawatan Kendaraan Operasional di Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kota Madya Jakarta Barat

Lihat/Buka

Tanggal

2007-09-01

Abstraksi

Abstraksi. Penerapan teknologi komputer dalam suatu proses kerja sudah bukan merupakan sesuatu hal yang luar biasa, tetapi merupakan suatu kebutuhan. Penggunaan komputer pada Instansi Panerintah yaitu pada Seksi Sarana Operasional, Bagian Perbaikan dan Perawatan Kendaraan Operasional di Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat. Pemanfaatan komputerisasi sistem dengan programnya sangat membantu pekerjaan pada Instansi Pemerintah dalam hal Proses Perbaikan dan Perawatan Kendaraan Operasional pada Suku Dinas Pemadam Kebakaran, khususnya pada Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat.

Perrnasalahan penelitian ini apakah Sistem Perbaikan dan Perawatan Kendaraan Operasional yang diberlakukan oleh Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat dan Bagaimana Rancangan Komputerisasi Sistem yang ideal sehingga diperoleh pelayan yang optimum kepada masyarakat ? Untuk itu perlu adanya analisis terhadap permasalahan tersebut, agar didapatkan hasil yang optimum sesuai dengan tujuan dari Instansi ini dalam melayani warga masyarakat di wilayah yang menjadi tanggung jawahnya.

Tujuan penelitian ini adalah Mengajukan usulan sistem yang sederhana dan mudah diterapkan untuk Sistem Perbaikan dan Perawatan Kendaraan Operasional pada Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat, Menyumbangkan pikiran tentang sistem yang dibahas pada Komputerisasi Sistem Perbaikan dan Perawatan Kendaraan Operasional pada Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat, Menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri dengan mengembangkan Komputerisasi Sistem pada obyek yang diteliti serta Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan khususnya dalam hal Perancangan Sistem Komputerisasi.

Hasil yang diharapkan dengan diusulkannya komputerisasi sistem ini : Terciptanya sistem yang sederhana dan fleksibel sehingga semua proses yang terjadi dapat terdata dan tersimpan dengan baik, Meningkatkan Kinerja Operasional pada Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat sehingga diperoleh pelayanan yang optimum terhadap masyarakat. Selain itu dapat menjadi model bagi Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya lainnya di wilayah Propinsi DKI Jakarta, Menumbuhkan rasa percaya diri dan kompetensi serta kreativitas, sehingga dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan pada saat kembali ke masyarakat kelak dan Menjadi bekal yang baik dalam menerapkan serta mengaplikasikan pengetahuan dibidang ilmu Manajemen Informatika sesuai dengan Tatar belakang pendidikan.

Kegunaan yang diharapkan adalah : Kendaraan selalu dalam kondisi baik dan siap dioperasikan kapan saja dibutuhkan, Umur pakai kendaraan bisa diperpanjang

sehingga bermanfaat dalam penghematan anggaran Pemerintah DKI Jakarta, Sistem kerja menjadi lebih baik dan lebih reaktif terhada# permasalahan yang dihadapi dan Terciptanya etos kerja yang tinggi pada pegawainya dan tumbuitny-a rasa kepercayaan masyarakat dengan selalu siapnya kendaraan operasional bib mama dilautuhkan.

Pembahasan dilakukan dengan melihati struktur organisasi yang ada sena togas dan fungsi masing-masing bagian, kemudian dianalisis sistem berjalan (proses keija) yang terjadi dilihat dari prosedur sistem, kamus data (masukkan dan keluaran) serta spesifikasi (dokumen masukkan dan keluaran).

Usulan terhadap temuan tersebut meliputi prosedur sistern, diagram aliaran data, kamus data (masukan dan keluaran), spesifikasi (dokumen masukkan dan keluaran), normalisasi data, spesifikasi program berdasarkan tabel HIPO serta struktur kode (no pintu kendaraan, barang dan formulir permohonan perbaikan dan permintaan barang) serta pelaporannya.

Berdasarkan uraian maka dapat ditarik beberapa kesimpulan mengenai perancangan sistem perbaikan dan perawatan kendaraan operasional pada Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kotamadya Jakarta Barat Khususnya Sar.Ops yaitu sebagai herikut : Informasi mengenai kerusakan tidak disampaikan secara lisan tetapi dengan mengisi formulir pemeriksaan kondisi kendaraan, Bengkel tidak melalcukan kegiatan administrative tetapi khususnya melakukan perbaikan dan perawatan saja, kegiatan administrative dikerjakan oleh Sar.Ops., Laporan perawatan dan perbaikan kendaraan dijadikan Satu dan Perlunya pembuatan laporan pemantauan pengeluaran dan pemakaian suku cadang.

Kata Kunci: Komputerisasi Sistem, Perbaikan dan Perawatan, Kendaraan Operasional

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

Atmosudirdjo, Prajudi, 1979. Pengambilan Keputusan, Cot. Ke-3, Jakarta, hal. 69.

Budiono, Kamus Bahasa Indonesia Baku, Alumni, Surabaya.

Hartono, Jogiyanto, 2005. Analisis & Desain, Andi, Yogyakarta,.

IPPM, 1990. Perencanaan & Pengendalian Operasi, Diktat, Jakarta.

Liang Gie, The, 1972. Kamus Administrasi, Gunung Agung, Jakarta, hal. 417.


Sanyoto, Priyo, 1990. Berpikir Sistem, Buku I, Diktat Kuliah, STMI Departemen Perindustrian RI, Jakarta, hal, 2.


Soedjadi, F.X., 1990. Organization & Method Penunjang Berhasilnya Proses Managemen, Cet. Ke-3, CV. MASAGUNG, Jakarta, hal. 84.


Stoner, James A.F., 1990. Manajemen, Edisi Kedua (rev.), Jilid 1, Erlangga, Jakarta, hal. 55.


Wojowasito, S. 1999, Kamus Bahasa Indonesia, Edisi rev. Cet. Ke-10. CV. Pangarang, Jakarta.