Media sosial digunakan sebagai sarana untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan membangun jaringan melalui media komunikasi online.Salah
satu media sosial yang fenomenal pada tahun 2015 adalah
Instagram.Sistem komunikasi pada instagram ini dengan berbagi foto
dengan teman di media tersebut dan menulis pesan melalui komentar pada
foto yang diunggah.Salah satu bentuk media sosial yang digunakan netizen
untuk menyebarkan informasi pariwisata adalah Instagram. Banyak traveler sekarang ikut mulai berwisata setelah melihat foto di Instagram. Instagram dirasa
menjadi platform efektif untuk menyebarkan informasi pariwisata.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran instagram terhadap
menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata di
Yogyakarta.Metode penelitian memadukan kualitatif dan kuantitatif.Teknik
pengambilan data dilakukan dengan kuesioner dan pengamatan akun
instagram.Analisa data yang digunakan adalah deskriptif.Hasil yang
didapat adalah sebagian besar peran instagram yang dirasakan adalah
referensi dan informasi, respon yang dirasakan adalah kognitif dan
harapan responden terhadap obyek wisata yang diunggah fotonya dalam
instagram adalah something to see.
Landsverk, Kjell Halvor. 2014. The Instagram Book: Edition 2014. United Kingdom: PrimeHead Limited.
Lesmana, I Gusti Ngurah Aditya. 2012. Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL Axiata). Tesis: Universitas Indonesia
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Priharnani, Diti. 2015. Respon Penggunaan Instagram sebagai Referensi Wisata. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga.
Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan melalui Social Media. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Purnama, Hadi. 2011. Media Sosial di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication. Jakarta.
Rakhmat, Djalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Salbino, Sherief. 2014. Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia
Supraptini, Nunuk. 2013. Bauran pemasaran: Strategi Pemasaran Pariwisata di Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Inkoma. Vol 24. No 24. pp 83 – 91.
Wahyuni, Isti Nursih. 2014. Komunikasi Massa. Yogyakarta: Graha Ilmu.