Peran Instagram Dalam Menarik Minat Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Yogyakarta

Lihat/Buka

Tanggal

2016-09-02

Penerbit

PPPM Akademi Pariwisata Yogyakarta

Abstraksi

Media sosial digunakan sebagai sarana untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan membangun jaringan melalui media komunikasi online.Salah satu media sosial yang fenomenal pada tahun 2015 adalah Instagram.Sistem komunikasi pada instagram ini dengan berbagi foto dengan teman di media tersebut dan menulis pesan melalui komentar pada foto yang diunggah.Salah satu bentuk media sosial yang digunakan netizen untuk menyebarkan informasi pariwisata adalah Instagram. Banyak traveler sekarang ikut mulai berwisata setelah melihat foto di Instagram. Instagram dirasa menjadi platform efektif untuk menyebarkan informasi pariwisata. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran instagram terhadap menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata di Yogyakarta.Metode penelitian memadukan kualitatif dan kuantitatif.Teknik pengambilan data dilakukan dengan kuesioner dan pengamatan akun instagram.Analisa data yang digunakan adalah deskriptif.Hasil yang didapat adalah sebagian besar peran instagram yang dirasakan adalah referensi dan informasi, respon yang dirasakan adalah kognitif dan harapan responden terhadap obyek wisata yang diunggah fotonya dalam instagram adalah something to see.

Kata Kunci: Foto, Instagram, Peran, Respon, Wisata

URI
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/download/705/679

References


Landsverk, Kjell Halvor. 2014. The Instagram Book: Edition 2014. United Kingdom: PrimeHead Limited.

Lesmana, I Gusti Ngurah Aditya. 2012. Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL Axiata). Tesis: Universitas Indonesia

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Priharnani, Diti. 2015. Respon Penggunaan Instagram sebagai Referensi Wisata. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga.

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan melalui Social Media. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Purnama, Hadi. 2011. Media Sosial di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication. Jakarta.

Rakhmat, Djalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Salbino, Sherief. 2014. Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia

Supraptini, Nunuk. 2013. Bauran pemasaran: Strategi Pemasaran Pariwisata di Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Inkoma. Vol 24. No 24. pp 83 – 91.

Wahyuni, Isti Nursih. 2014. Komunikasi Massa. Yogyakarta: Graha Ilmu.