Penelitian ini adalah
untuk mengetahui pemanfaatan penggunaan teknologi internet dalam berbelanja
online. Metode penelitian
ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif.
Data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder,
data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan
kuesioner kepada responden pengguna internet dalam melakukan belanja onlne
atau ecommerce sedangkan
data sekunder yang digunakan yaitu berasal dari
laporan-laporan, jurnal dan literatur-literatur yang relevan. Dengan
menggunakan Technology Acceptance
Model (TAM)
variabel yang digunakan yaitu kegunaan, kemudahan, sikap, intens dan
penggunaan melakukan
transaksi secara online atau
berbelanja online atau penggunaan e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemudahan mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap kegunaan, kemudahan, sikap, intens dan penggunaan
dengan pemanfaatan teknologi internet sebagai teknologi untuk melakukan
transaksi secara online atau
berbelanja online atau penggunaan e-commerce. Variabel kegunaan,
kemudahan, sikap memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap
intens dan penggunaan dalam menggunakan e-commerce.
Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online-Susy Rosyida
Agustian,
Wiwin., Syafari, Rusmin. 2014. Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Untuk
Mengidentifikasi Pemanfaatan Internet
Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Selatan. Diambil dari: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/download/834/619.
(30 Januari 2017)
Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2013. Survei Penggunaan Internet Sektor Bisnis 2013.
Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia
Davis,
F.D. 1985. A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New-End User Information
Systems: Theory and Results. Disertasi.
Massachusetts Institute of Technology.
Ferdinand,
A. (2006). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irawan.
2011. Panduan Berinternet untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.
Jogiyanto.
2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI
Kalakota,
R., & Whinston, A. B. 1996. Emergence Of Payment Systems In The Age Of Electronic
Commerce: The State Of Art.
Nugroho,
Mahendra Adhi. 2009. Model Penerimaan E-Commerce. Diambil dari : https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwin0IqDmp7SAhVMsI8KHUm6AkIQFgggMAA&url=http%3A%2F%2Fstaff.uny.ac.id%2Fsystem%2Ffiles%2Fpenelitian%2FMahendra%2520Adhi%2520Nugroho%2C%2520SE%2C%2520M.Sc%2FArtikel-JPAI-MahendraAN.pdf&usg=AFQjCNGeawYzUfHlgDdu5B9vsGUJ8gbBw&sig2=uG9kMgt0P1fRyIY_JLzF5Q&cad=rja. (30 Januari 2017)
Putra,
Dimas Ernomo., Astuti, Endang Siti., Riyadi. 2015. Pengaruh Kemudahan Terhadap Kemanfaatan, Minat
Dan Penggunaan ECommerce. Diambil dari : http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/download/856/1041.
(30 Januari 2017)
Saputra,
Agus dan Feni Agustin. 2012. Membangun Sistem Aplikasi E-commerce dan Sms. Jkarta: Elex Media
Komputindo.
Sibero,
Alexander. 2011. Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta: Mediakom..
Sihombing,
Wilson. 2013. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Pembayaran Online Pada E-Commerce. Diambil dari: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0ahUKEwj9pcrf0evRAhWqC8AKHWlDlIQFgglMAE&url=http%3A%2F%2Flib.ui.ac.id%2Ffile%3Ffile%3Ddigital%2F2015-12%2F20349966-TAPdf%2520Wilson%2520Sihombing.pdf&usg=AFQjCNEc685ByDmOB02sSCsPyg0LsGbGjg&sig2=nLT0a8GZLPf5pNvG5FkbLw&cad=rja. (30 Januari 2017)
Sugiyono.
2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta [14] Turban, E., King, D.,
Lee, J. K., Warkentin, M., & Chung, H. M. 2002. Electronic Commerce: A
Managerial Perspective. Prentice Hall.