Journal of Information System Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien Untuk Meminimalkan Antrian dengan Waiting Line Method

Tanggal

2018-06-01

Penulis

Abstraksi

Masalah antrian sering terjadi dalam kegiatan sehari-hari seperti pada antrian pasien
rumah sakit, pasien yang datang memiliki pola kedatangan dengan disiplin antrian yang daftar pertama akan dilayani pertama (First In First Out). Meningkatnya jumlah pasien yang ada pada saat ini akan membuat antrian yang panjang dalam proses pendaftaran maupun pemeriksaan dan akan menyebabkan kejenuhan pasien yang nantinya akan membatalkan pendaftaran atau pemeriksaan. Oleh Karena itu untuk mempercepat proses antrian pasien dibutuhkan suatu aplikasi untuk dapat mengatasi antrian panjang, Dengan adanya aplikasi pendaftaran dan pemeriksaan pasien berdasarkan dari hasil waiting line method tidak ada lagi antrian panjang dan memakan waktu yang lama.

Kata Kunci: antrian, pelayanan, peningkatan kinerja, waiting line.

URI
http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/387

References

Chase RB, Aquilano, Nicholas J, Jacobs, Robert F. 2008. Operations Management for
Competitive Advantage With Global cases. Ed. 12. New York: Mc Graw Hill.


Heizer J, Barry R. 2008. Operations Management_Manajemen Operasi. Ed. 7. Jakarta:
Salemba Empat. 418.


Mauludin H. 2010. Metode Penelitian Dan Pengolahan Data Penelitian (pendekatan praktis):Singosari. 67.


Siswanto. 2007. Operations Research, jilid dua. Jakarta: Erlangga.