TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBELIAN TIKET KERETA API SECARA ONLINE

research
  • 08 Apr
  • 2018

TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBELIAN TIKET KERETA API SECARA ONLINE

Kebutuhan jasa transportasi adalah cermin dari kebutuhaan masyarakat, semakin tingginya tingkat kegiatan masyarakat maka mobilitas kegiatan masyarakat tersebut akan semakin tinggi dan selanjutnya akan memerlukan pola peningkatan dalam bidang jasa trasportasi. Kereta api merupakan salah satu moda angkutan darat yang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis angkutan moda lainnya. Saat ini pembelian tiket dapat dilakukan secara online. Banyak web yang memberikan layanan secara online dalam pembelian tiket khususnya tiket kereta api. Dalam melakukan pembelian tiket kereta api secara online terutama pada laman http://www.tiketkai.com akan penulis analisis untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat dalam melakukan pembelian tiket kereta api secara online dengan melakukan pembelian pada http://www.tiketkai.com. Dalam konteks pengukuran variabel kualitas pelayanan, Parasuraman, Zeithaml dan Berry (1988) mengidentifikasikan lima dimensi ukuran kualitas layanan yaitu reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Tangibles (bukti langsung), dan Empathy (empati). Dengan demikian pihak penyedia jasa harus mampu memberikan perhatian penuh pada service quality (SERVQUAL ) . 


Unduhan

  • 2078-4516-1-SM (1).pdf

    Journal Industrial Servicess

    •   diunduh 1201x | Ukuran 369 KB

 

REFERENSI

Haksik Lee, Yongki Lee dan Dongkeun Yoo, The Determinants of Perceived Service quality and Its Relationship with Satisfaction, Journal of Service Marketing, Vol,14 No.3, 2000. 


http://www.bps.go.id/LinkTabelStatis/view/id/1417


http://www.kereta-api.co.id 


http://www.tiketkai.com  



Kusumawardani, dian prakasiwi, Poerwanto, dan Iswono, Sugeng. Customers Satisfaction Analisys On Quality Service Of Sritanjung Economy AC Class PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa 2013, I (1). Universitas Jember 



L. Jean harrison-Walker, Service quality in the Hair  Industry Salon, Journal of Business Diciplines, Indiana University Southeast, Vol.1, 2000 


Parasuraman, et al. (1998). Service quality: A  mulitiple item scale for measuring consumer perception of service quality 


Saryoko, Andi. (2014) “The Reform Model and New  Challenges For Global Information Society Preface“.International Seminar of Information Tecnology ( ISIT ). Jakarta.


Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung. Alfabeta

Sujalwo et.al (2008). Servqual  Sebagai Salah Satu Alat Ukur Kualitas Pelayanan Masjid AlAmin Metuk Kidul Klaten, Jurnal Teknik Industri, Vol .11, No. 1, Maret 2008: 32 – 44.


Sujatmiko, et.al., Upaya Peningkatan Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Hasil Analisi Metode SERVQUAL dan Regresi Linier Berganda, JEMIS VOL. 1 NO.1 TAHUN 2013 ISSN 2338-3925.


Thomas P Van Dyke dan Leon A. Kappleman, Department of Management College of

Business and Economics University ofNevada, Las Vegas,Cautions on the ASSESS

the Quality of Information Systems Services.,Journal of Decisions Sciences, Vol. 30 No.3,1999. 


Zeithaml, Valarie A., Leonard L. Berry, and A. Parasuraman. (1985). Problem and Strategisin Services in Strategis in ServicesMarketing. Journal of Marketing, April. pp.35-48.