Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Betawi Berbasis Android

Abstraksi

Ibu kota negara Indonesia yang bernama Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta memiliki adat dankebudayaan yang besar. Yang tidak ternilai harganya dan tidak ada di daerah lain. Betawi seharusnya menjadiidentitas kota tapi semakin banyak kepentingan di kota jakata baik akibat masuknya budaya luar maupunkepentingan komersil budaya Betawi semakin jauh dari akar budayanya. Tentunya kondisi tersebut sangatdikhawatirkan kebudayaan Betawi akan semakin hilang keberadaannya. Aplikasi pengenalan budaya Betawidibuat dengan metode waterfall dan algoritma sekuensial. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatanaplikasi ini adalah Android Studio dengan menggunakan Bahasa java. Aplikasi ini berisi informasi tentang budayaBetawi, yang dilengkapi dengan kuis, destinasi kuliner Betawi sehingga masyarakat dapat mencoba makananBetawi, dan dilengkapi dengan kamus Betawi sehingga masyarakat dapat mengetahui Bahasa Betawi. Padaaplikasi ini diharapkan masyarakat Jakarta tidak melupakan budayanya yaitu budaya Betawi dan masyarakat diluar Jakarta dapat mempelajari budaya Betawi dengan tampilan yang mudah digunakan dan mudah dipahamisehingga berguna untuk melestarikan budaya Betawi

Kata Kunci: Android, Betawi, Informasi, Kuliner, Kamus.

URI
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/7098

Bidang ilmu
Mobile Application

References

delheid, A., & Simangunsong, A. (2017). manual
book of android
.
Amperiyatno, T. (2014).
Tips Ampuh Android (cara
cepat dan bijak mendayagunakan perangkat
android)
.
Harumy, T. H. F., Windarto, A. P., & Sulistianingsih,
I. (2016).
Belajar Dasar Algoritma Dan
Pemrograman C++
.
Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem
Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok
Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha
Pontianak),
IV(2), 107–116.
Imamah. (2016).
Pemrograman Berbasis Mobile
Menggunakan Android Studio
.
Kusniyati, H., & Nicky Saputra Pangondian
Sitanggang. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya
Toba Samosir Berbasis Android,
9(1), 9–18.
Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan Android Dalam
Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa,
4.II, 54–
67.
Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H.
(2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan
Black Box Testing Boundary Values Analysis (
Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan
SNMPTN ),
I(3), 31–36.
Priarti Megawanti. (2015). Persepsi Masyarakat Setu
Babakan Terhadap Perkampungan Budaya
Betawi Dalam Upaya Melestarikan
Kebudayaan Betawi,
7(3), 226–238.
R, E. M. S., Fuad, M., & Muhyiddin, N. M. (2015).
Aplikasi Pembelajaran Pengenalan
Kebudayaan 34 Provinsi Pada Siswa Berbasis
Android, 978–979.
Tabrani, M., & Pudjiarti, E. (2017). Penerapan
Metode Waterfall Pada Sistem Informasi
Inventori PT. PANGAN SEHAT
SEJAHTERA,
1(2), 30–40.
Wahyudi, I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019).
Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya
Indonesia,
V(1).
https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Wardiningsih, S. (2014). LANSKAP BUDAYA
WISATA BUDAYA BETAWI ( Studi kasus
Kota Tua Jakarta Kota ),
13, 117–122.