Sistem Informasi Administrasi Pasien pada Klinik Keluarga Depok

research
  • 03 Aug
  • 2020

Sistem Informasi Administrasi Pasien pada Klinik Keluarga Depok

Demi tercapainya suatu pelayanan kesehatan yang baik, klinik harus ditunjang oleh sistem yang berkualitas yang mampu mengatur dan mengelola data-data yang akan dijadikan sumber informasi. Banyaknya variabel pada klinik turut menentukan kecepatan arus informasi yang dibutuhkan oleh petugas dan pasien. Sistem administrasi pasien yang ada pada Klinik Keluarga masih dilakukan secara konvensional atau masih menggunakan media kertas, mulai dari pengelolaan data pasien, rekam medis, transaksi pembayaran hingga pembuatan laporan-laporan, sehingga memiliki resiko untuk rusak atau hilang. Pada mulanya hal itu bukanlah suatu masalah bagi pihak klinik, namun di saat jumlah pasien per harinya semakin banyak maka pihak klinik saat ini mulai merasa kewalahan dalam mengatur data-data mengenai pasien dan perekapan administrasi keuangan. Perancangan program merupakan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan yang ada pada klinik ini. Dengan adanya perancangan sistem informasi klinik diharapkan dapat mempermudah petugas klinik dalam melakukan tugas-tugasnya dengan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sistem sebelumnya dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima. Metode pengembangan sistem yang diterapkan pada program administrasi pasien ini menggunakan waterfall dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung sehingga menghasilkan sistem informasi yang terkomputerisasi sehingga mempercepat proses pengolahan data, efisiensi dalam manajemen biaya serta informasi yang dihasilkan lebih akurat.

Unduhan

  • Prosiding KNIT.pdf

    Sistem Informasi Administrasi Pasien pada Klinik Keluarga Depok

    •   diunduh 999x | Ukuran 464 KB

 

REFERENSI

Imbar, R. V., & Kurniawan, Y. (2015). 5. Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Medis Rawat Jalan Poliklinik Kebidanan dan Kandungan pada RSUD Kota Batam. Jurnal Sistem Informasi, 7(1).

Mulyanarko, H., & Purnama, B. E. (2013). Pembangunan Sistem Informasi Billing Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kabupaten Pacitan Berbasis Web. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3).

Susanto, G. (2012). Sistem Informasi Rekam Medis Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan Berbasis Web Base. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(4).

Susilowati, S., & Riasti, B. K. (2012). Pembuatan Sistem Informasi Klinik Rawat Inap Prima Husada Widoro Pacitan Berbasis Website. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(1).

Rosa, A. S., & Shalahudin, M. (2011). Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung. Modula.

Simarmata, J., & Paryudi, I. (2006). Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset.

Vidia, D., & Wuryanto, E. Purbandini. 2013. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Hewan Universitas Airlangga Surabaya Dengan Metode Berorientasi Objek. ISSN: 9772303-335004. Surabaya. Jurnal Sistem Informasi Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, 1(1), 6-10.

Yakub. 2008. Sistem Basis Data Tutorial Konseptual. Yogyakarta: Graha Ilmu.