- Perancangan Layanan E-Library Pada SMP Mandiri Malang Nengah Tangerang

Tanggal

2020-06-01

Penerbit

LPPM STMIK Bina Insani

Abstraksi

Permasalahan yang sering dihadapi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yaitu kurangnya penyediaan informasi mengenai buku secara cepat dan akurat. Perpustakaan di SMP Mandiri Malang Nengah Tangerang adalah salah satu perpustakaan yang disediakan sekolah untuk menyajikan informasi dari buku-buku yang tersedia. Namun, fasilitas perpustakaan di SMP Mandiri Malang Nengah Tangerang masih tergolong minim dan masih menggunakan cara konvensional. Cara tersebut terbilang masih kurang efektif dan efisien dikarenakan memerlukan waktu yang lama dalam pencariannya serta memerlukan biaya besar dalam perawatannya. Oleh karena itu, diperlukan layanan perpustakaan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL agar dapat mempermudah siswa untuk mengakses perpustakaan. Dalam merancang e-library ini menggunakan metode pengembangan waterfall. Perancangan layanan e-library ini diharapkan bisa menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencari sebuah buku yang diinginkan.
Kata kunci—Aplikasi, E-Library, Waterfall


Kata Kunci: Aplikasi, E-Library, Waterfall

URI
http://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jutim/article/view/763

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

[1] Saragih, A., Simarmata, E. R., & Jhoni, S. (2015). Perancangan Aplikasi ELibrary Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Pada Universitas Methodist Indonesia.
[2] Kisaran, A. R. (2017). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web ( Studi Kasus Perpustakaan Kopertis Wilayah I Sumut )
[3] Nurlela, F. (2013). IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security -
ISSN: 2302-5700 –
http://ijns.org. Indonesian Journal on Networking and Security
[4] Yunita, Maruloh, dkk. “Rancang Bangun E-Library Pada SMAN 1 Pagerbarang Tegal”. Jurnal SISFOKOM, V0l 07, No 01, Maret 2018, Hal : 16-21.
[5] Rosa dan M. Shalahuddin. 2013.Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika.
[6] Hendrianto, D. E. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo
-newline"> Kabupaten Pacitan. Indonesian Juournal on Networking Security, 3(4), 57–64. https://doi.org/10.1123/IJNS.
[7] Irwansyah, I. P., & Wasesha, D. A. (2018). Sistem Informasi Perpustakaan
Berbasis Web pada STMIK Nusa Mandiri Menggunakan PHP dan MySQL. Jurnal Sistem Informasi Stmik Antar Bangsa, 10420(1),
[8] Agus Prayitno, Y. S. (2015). Volume 1 No 1 – 2015 Lppm3.bsi.ac.id/jurnal
IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering. IJSE Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–10. Retrieved from Lppm3.bsi.ac.id/jurnal