- Edukasi Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Menggunakan Animasi Interaktif

Abstraksi

Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian aktivitas dari peserta didik dalam berinteraksi dengan
lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat konstan. Banyak aplikasi yang dibuat untuk membantu para siswa memahami materi pelajaran. Dalam kegiatan belajar mengajar teknologi komputer sangat berperan khususnya dalam mata pelajaran matematika dapat membantu para siswa untuk lebih bersemangat dalam mempelajari mata pelajaran matematika tersebut. Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang dimana dapat dikatakan sebagai dasar ilmu karena didalamnya mengandung ilmu logika. Dengan dibangunnya media interaktif pembelajaran matematika berbasis animasi ini memungkinkan dalam kegiatan belajar mengajar disekolah lebih menarik, khususnya untuk siswa sekolah dasar. Oleh sebab itu dengan adanya media interaktif pembelajaran animasi diharapkan dapat membantu para siswa di sekolah dalam belajar matematika. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan menarik siswa dalam belajar matematika baik disekolah maupun dirumah, khususnya pembelajaran ruang bangun datar dengan menggunakan animasi Adobe flash di kelas 5 SD. Dengan membuat rancangan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia ini, dimulai dari tahap awal yaitu wawancara,obsevarsi, pembagian kuisioner dan membuat hasil evaluasi. Kemudian juga dilanjutkan dengan membuat rancangan program animasinya dengan menggunakan Adobe Flash CS 5. Sebagai aplikasi berbasis multimedia, belajar menjadi lebih menyenangkan dan dapat menjadi minat juga motivasi belajar untuk siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Interaktif, Animasi


Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Interaktif, Animasi

URI
http://speed.web.id/jurnal/index.php/speed/article/view/646

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

[1] Binanto, Iwan. Multimedia Digital dasar teori dan pengembangannya. Yogyakarta: Andi, 2010.
[2] Chandra. 2011. Flash CS5 Untuk orang Awam. Palembang: Maxikom..
[3] Chun, Russell. 2010. Adobe Flash Professional CS5: Classroom in a Book. USA: Adobe Systems Incorporated
[4] Mahmudi, Ali.2009. Komunikasi dalam pembelajaran Matematika. Unhalu, Yogyakarta.
[5] Vaughan, T. Multimedia: Making It Work. Edisi ke-6. New York: McGraw-Hill Companies, 2004.
[6] Tim Wahana Komputer, 2005. Wahana Komputer. Jakarta.