PENERAPAN ALGORITMA CUNTUK MEMPREDIKSI PERFORMA VENDOR ONLINE

Abstraksi

Perkembangan teknologi yang terjadi membuat setiap orang memiliki cara tersendiri dalam pemanfaaatannya. Digitalisasi pun dilakukan di setiap sektor dalam kehidupan. Jika cara tradisional dilakukan dengan mengunjungitoko dan pembeli dapat melakukan kesepakatan dan memperoleh produk secara langsung maka akan berbeda dengan cara yang dilakukan pada era digital. Konsep perdagangan telah berubah sehingga transaksi dapat terjadi tanpa harus mempertemukan penjual dan pembeli dalam dunia nyata. Toko online hadir dengan memanjakan pembeli dalam berbelanja. Tinginya permintaan dari konsumen akan suatu produk akan memberikan pertaruhan terhadap kecepatan perputaran stok. Ketika pembayaran sudah masuk ke penjual dan stok habis, maka toko akan memilih vendor sebagai penerus pesanan dari pelanggan. Salah satu kunci dalam toko online adalah kepercayaan pelanggan dengan mengirimkan pesanan tepat waktu. Produk yang disediakan oleh vendor juga harus sesuai dengan spesifikasi tanpa mengurangi kualitasnya. Penelitian ini memberikan penilaian terhadap performa vendor yang selama ini dipercaya untuk meneruskan pesanan yang tepat menggunakan metode Decision Tree C4.5 dengan akurasi 91,51%. 

Kata Kunci: toko online, vendor, produk, decision tree, C4.

URI
http://prosiding.uika-bogor.ac.id/index.php/semnati/article/view/61

References

DAFTAR PUSTAKA Data with RapidMiner and Hadoop.” Proceedings of the 2nd RapidMiner Community Meeting and Conference: 1–12. Chandra, Andreas. 2017. “Penerapan Data Mining Menggunakan Pohon Keputusan Dengan Algoritma C4.5 Dalam Menentukan Kecelakaan Penerbangan.” (3). Chandrasekar, Priyanga, Kai Qian, Hossain Shahriar, and Prabir Bhattacharya. 2017. “Improving the Prediction Accuracy of Decision Tree Mining with Data Preprocessing.” 2017 IEEE 41st Annual Computer Software and Applications Conference (COMPSAC): 481–84. http://ieeexplore.ieee.org/document/8029977/. Hadoux, Emmanuel, and Anthony Hunter. 2017. “Strategic Sequences of Arguments for Persuasion Using Decision Trees.” Proceedings of the 31th Conference on Artificial Intelligence (AAAI 2017): 1128–34.

Kodu, Sarini. 2013. “Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza.” Jurnal EMBA, ISSN : 2303-1174 1(3): 1251–59. Rozana, Yulia. 2015. “Pengaruh Keamanan Bertransaksi, Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Secara Onlie Di Situs E-Commerce Lazada (Studi Pada Pengguna Situs Lazada.id Di Kota Semarang).” Sitompul, Carles. 2012. “PENGEMBANGAN MODEL PERSEDIAAN YANG DIKELOLA PEMASOK (VENDORS MANAGED INVENTORY) Disusun Oleh : Lembaga Penelitian danPengabdian Kepada Masyarakat.” Wirdianto, Eri, and Elpira Unbersa. 2008. “Aplikasi Metode Analysical Hierarchy Process Dalam Menentukan Kriteria Penilaian Supplier.” TeknikA 2(29): 6–13. Zhang, X., D. Jiang, Q. Long, and T. Han. 2017. “Rotating Machinery Fault Diagnosis for Imbalanced Data Based on Decision Tree and Fast Clustering Algorithm.” Journal of Vibroengineering 19(6): 4247– 60.