Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Riung Mitra Lestari

research
  • 21 Jul
  • 2020

Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Riung Mitra Lestari

 Penilaian kinerja karyawan dalam organisasi dilakukan  pada pelaksanaan job description yang telah disusun oleh organisasi. Dengan demikian, baik buruknya kinerja karyawan dilihat dari kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  menguji  pengaruh  budaya  organisasi  dan  gaya  kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Penggunaan variable-variabel tersebut berdasarkan hasil penelitian terdahulu,. Penelitian ini dilakukan di PT. Riung Mitra Lestari, responden yang digunakan sebanyak 60 karyawan, menggunakan Analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan.persamaan regresi  Y = 0,878 + 0,253 (X1) + 0,413 (X2), dengan nilai konstanta = 0,878, menyatakan variabel terikat  kinerja karyawan (Y) pada PT. Riung Mitra Lestari mempunyai nilai sebesar 0,878.Nilai variabel gaya kepemimpinan (X1) adalah 0,253 ,  berarti setiap kenaikan variabel gaya kepemimpinan (X1) satu satuan maka akan mengakibatkan kenaikan variabel kinerja karyawanv(Y) sebesar 0,253  dan budaya organisasi (X2) sebesar 0,413. Setiap ada kenaikan variabel budaya organisasi (X2) satu satuan maka akan mengakibatkan kenaikan variabel terkaitnya yaitu kinerja karyawan(Y) sebesar 0,413,  Sehigg aPengaruh dari gaya kepemimpinan terhadap kinerja adalah signifikan dan positif, pengaruh dari budaya organisasi terhadap kinerja adalah signifikan dan positif;pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi adalah signifikan dan positif.

REFERENSI

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (suatu Pendekatan Praktik). Bandung: PT.Rineka Cipta.

Desianty, S. (2005). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi Pada PT. Pos Indoneisa(persero). Junal Studi Manjemen dan Organisasi Vol.2 No.1 Januari, 69-84.

Gibson, J. (2006). Organization (behvior, struktur, processes) twelfth edition. USA: McGrow Hill.

Juliansyah, N. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offshet.

Mas'ud, F. (2004). Survai Diagnosisi Organisasional. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Mathis, R., & Jackson, J. (2001). Manjemen Sumber Daya manusia Buku 1. jakarta: Salemba Empat.

Robbin, S. (2006). Perilaku Organisasi (alih bahasa Drs Benjamin Molan) edisi bahasa Indonesia. Klaten: PT.Intan Sejati.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Rineka Cipta.

Suhardoyo. (2017). Hubungan Antara Prestasi dan Disiplin Kerja dengan Peningkatan Karier Pegawai Pada PT .     Asconusa Air Transport Jakarta, 15(1), 49–55.

Suliyanto. (2006). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi Offshet.

Yuwalliatin, S. (2006). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan komitmen terhadap Kinerja serta pengaruhnya terhadap kunggulan Kompetitif Dosen Unissula Semarang. Ekobis Vol.7 No. 2 juni, 241-256.