Peningkatan Kreativitas User dengan MS-Word dan Canofile dalam Manajemen Dokumen Surat Masal bagi Guru dan Santri Remaja TPQ Nurul Huda Sunter Muara, Jakarta Utara

research
  • 10 Jun
  • 2020

Peningkatan Kreativitas User dengan MS-Word dan Canofile dalam Manajemen Dokumen Surat Masal bagi Guru dan Santri Remaja TPQ Nurul Huda Sunter Muara, Jakarta Utara

Kondisi yang terlihat saat ini, banyak lembaga kecil saat ini dengan mudah menjadi lebih buruk karena kendala pemrosesan data yang belum atau belum disesuaikan dengan kemajuan teknologi yang mengakibatkan kemunduran yang sangat cepat, karena mereka tidak dapat mengikuti tren teknologi. bahkan agensi menengah dan atas dapat mengalami hal yang sama yang akan mengalami penurunan. Dengan demikian implementasi layanan masyarakat ini memberikan solusi bagi lembaga kecil seperti TPQ Nurul Huda Sunter Muara untuk dapat menyesuaikan diri dengan gulat tentang teknologi komputer, terutama dalam aplikasi word and database Canofile. Berawal dari hasil proses tes gratis, terlihat bahwa rata-rata banyak yang tidak mengetahuinya, setelah melalui proses pelatihan ini dengan antusiasme dan antusiasme yang tinggi, peserta diminta untuk kembali mengisi instrumentasi dalam bentuk kuesioner. sebagai tes post barometer dan hasilnya diproses menggunakan Metode Peringkat Langsung, yang diproses secara matematis, dengan menggunakan lima variabel dan sepuluh pertanyaan indikator. Hasil yang diperoleh dan diproses menggunakan kombinasi kedua aplikasi ini, memberikan hasil yang baik dilihat dari tampilan grafik dengan bobot rata-rata adalah 4,61 dan 76,93. Dengan demikian, melalui kegiatan pelatihan komputer yang dijembatani dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, dapat dikatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang baik, walaupun masih ada variabel psikomotor yang harus ditingkatkan, sehingga variabel psikomotor ini memerlukan rutin dan pengobatan berjalan.

REFERENSI

Ahmad, S., & Muneebulla, K. K. (2016). Gender difference in usage and awareness of digital information resources in teacher training colleges: A Study of Anantnag District-J&K (India). International Journal of Digital Library Services, 6(4), 68-74.

Akmaludin, A. (2012). Manajemen arsip elektronis organisasi berbasis dynamic base record menggunakan aplikasi canofile. Widya Cipta, 3(2), 146-155.

Akmaludin, A., Handayani, P., & Septiana, L. (2019). Pelatihan internet pembuatan blog bagi guru-guru HIMAPAUDI Kecamatan Kemayoran, Jakarta. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 111-118. https://doi.org/10.30653/002.201942.144

Chavan, S. (2014). Information seeking behaviour in electronic environment: a study of journalist in Dharwad District, Karnataka. International Journal of Digital Library Services, 4(4), 162-171.

Dwiripa, B., Alamsyah, A., & Heriyanto, H. (2012). Kepuasan pegawai PT. Taspen (Persero) terhadap program canofile for windows pada unit kerja arsip dan dokumen PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1), 9-17.

Hakimpoor, H., & Khairabadi, M. (2018). Management information systems, conceptual dimensions of information quality and quality of managerial decisions: modelling artificial neural networks. Universal Journal of Management, 6(4), 127-133. https://doi.org/10.13189/ujm.2018.060403

Kaushal, M. L., & Singh, S. (2017). Influence of ICT on electronic information resources and services in north India: a Case study of NITS libraries. International Journal of Digital Library Services, 7(3), 127-148.

Khairil, K., & Ginta, P. W. (2012). Implementasi pengamanan database menggunakan Md5. Media Infotama, 8(1), 29-44.

Kumari, S., & Mallaiah, T. Y. (2017). Digital Information Literacy Skills Among Faculty Members of Engineering Colleges in Manalore, Karnataka: a Study. International Journal of Digital Library Services IJODLS | Geetanjali Research Publication, 7(1), 28-37.