Optimalisasi Sistem Informasi Perjalanan Dinas Dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Perusahaan

Abstraksi

perjalanan dinas merupakan salah satu biaya yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan bagi karyawannya yang ingin bekerja di luar kantor. Untuk saat ini perjalanan dinas merupakan biaya yang cukup besar nilainya dan sering terjadi, oleh karena itu perlu adanya sistem informasi  yang memudahkan bagi karyawan dalam melaporkan kegiatan yang dilakukan dan biaya yang dikeluarkan begitu juga dengan administrasi dalam mencetak surat dinas perjalanan dinas dan bagian keuangan dalam menghitung besarnya biaya yang dikeluarkan sehingga memudahkan dalam pelaporan keuangan selain itu dengan menggunakan sistem informasi keamanan data lebih terjamin karena tersimpan dalam database dan menghilangkan penginputan ganda karena saat ini untuk pembuatan surat tugas perjalanan dinas, penghitungan biaya sampai dengan memberikan informasi kepada kaaryawan yang akan melakukan perjalanan dinas masih dilakukan secara manual (excel) sehingga menyulitkan dalam pembuatan surat tugas perjalanan dinas sampai dengan penghitungannya dan masih  sering terjadinya penghitungan maupun pencatatan ganda serta laporan tidak dapat dilakukan secara real time.  Metode: Metode peneltian yang penulis lakukan dengan analisis deskriptif menggunakan metode studi kasus dan analisa pekerjaan dan aktivitas sedangkan untuk pengembangan system menggunakan unified approach (UA)  Hasil : Dalam sistem informasi ini memiliki alur mulai dari penerimaan SPPS (administrasi), pengajuan SPPD, persetujuan, manajemen keuangan, manajemen kepegawaian sampai dengan pembuatan laporan sehingga  telah memenuhi kebutuhan dari user dan diharapkan dengan penggunaan sistem informasi ini dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan karena menghindari kerangkapan data bdan manipulasi data.  Kesimpulan: Dapat memudahkan dalam pembuatan surat perintah perjalanan dinas, pengeluaran biaya dapat ditampilkan secara terinci sehingga memudahkan dalam pelaporan perjalanan dinas sehingga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengeluaran perusahaan.

Kata Kunci: Cost , Efficiency , Information, System, SPPD

URI
http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/269/181

References

[1] Hadi. Sumarto dan Lukas. Dwiantara, Sekretaris Profesional; Yogyakarta: Kanisius, 2000, pp.134.  [2] Supardjati, dkk, Administrasi Perkantoran Surat Menyurat Dalam Perkantoran; Yogyakarta: Kanisius, 2000, pp.72. [3] Ida. Nuraida, Manajemen Administrasi Perkantoran; Yogyakarta: Kanisius, 2008, pp.163.  

 

 

 (Thesis or Dissertation style) 

[4] Fadila. Ariesta, “Pengaruh Kualitas Sumberdaya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah. Dissertation, Dept. Ekonomi., Universitas Negeri Padang, 2013.  [5] Ibnu. Kasir, “Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Online Surat Perintah Perjalanan Dinas Pada Kantor Biro Humas Sekda Aceh”. Dissertation, Dept. Manajemen Informatika, STMIK U’Budiyah Indonesia, 2014.  

 

 (Handbook style) [6] Permenlu Nomor. 3 Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Luar Negeri Pada Kementerian Luar Negeri, 2018, pp. 1-37. [7] Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia PMK Nomor  113/PMK.05/2012. pp. 1-41 [8] Peraturan Tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri Dan Mekanisme Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Annggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). PMK No.190/PMK.05/2012.. 

 

(Journal Online Sources style) [9] Aginta. Geniusa dan Febriliyan. Samopa. (Vol. 2 No. 2 2013). Pembuatan Sistem Informasi Perjalanan Dinas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (SIPD-Kanwil DJPBN). Jurnal Teknik POMITS. [Online]. ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print). pp. A.366 – A.370. Available: http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/articl e/view/4820/1086  [10] Max. Saleleng dan Agus. Supandi. Soegoto. (Vol 3 No.3 2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi, Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pertanian Kabupaten Sorong Selatan.  Jurnal EMBA. [Online]. ISSN: 2303-11. pp. 696-708. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/articl e/view/9656/9240  [11] Iis. Oktaviani dan Asri. Mulyani. (Vol. 13 No.1 2016).  Pengembangan  Aplikasi Surat Perrintah Perjalanan Dinas (SPPD) Beserta Rincian Perjalanan Dinas di Badan Koordinasi Pemerintah dan Pembangunan Wil;ayah IV Kabupaten Garut. Jurnal  Algoritma. [Online]. ISSN: 2302-7339. Pp. 58-62.  Available:  file:///C:/Users/BTI%20BSI/Downloads/302-453-1PB.pdf