Sistem Informasi Simpan Pinjam Koperasi Berbasis Web (Studi Kasus: Koperasi Sejahtera PT. Induro Internasional Tangerang)

Abstraksi

Teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari proses pengarsipan. Dalam koperasi simpan pinjam teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk menjaga dokumen agar tidak rusak atau hilang. Tujuan pengembangan sistem informasi koperasi ini adalah untuk mempercepat pegawai dalam melakukan proses pengolahan data simpan pinjam serta mempermudah anggota dalam mendapatkan informasi transaksinya dalam koperasi. Koperasi Sejahtera PT. Induro Internasional membutuhkan solusi untuk mengatasi kekurangan yang ada. Solusi yang tepat adalah dengan menerapkan suatu sistem komputerisasi simpan pinjam yang sudah terprogram sehingga dapat mempermudah proses pengolahan data simpanan, pinjaman para anggota koperasi. Dengan adanya sistem pengolahan data yang tepat akan menghasilkan keakuratan dalam menyusun laporan yang digunakan sebagai informasi-informasi bagi koperasi Sejahera PT. Induro Internasional. Terbangunnya sistem informasi simpan pinjam dapat mempermudah pengolahan data transaksi anggota, sehingga menghasilkan laporan yang cepat, tepat, dan akurat sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dengan begitu Koperasi Sejahera PT. Induro Internasional akan lebih mudah dalam meningkatkan sistem kinerjanya agar lebih optimal. 

Kata Kunci: Perancangan Sistem Informasi, Koperasi, Simpan Pinjam

URI
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/2239

References

[1] Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing & Organisasi Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset. [2] Andi. 2009. Menguasai XHTML, CSS, PHP & MySQL melalaui Dreamweaver. Yogyakarta: CV. Andi Offset. [3] Arief, M Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL. Yogyakarta: CV. Andi Offset. [4] Iskandar, Agus and A. Haris Rangkuti. "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tunai Pada PT. Klaten Bercahaya." Volume 3 No 2 (2008): 50-62 [5] Miswanto. Retrieved from Sanama. 2014. 27 Maret 2014 . [6] Mustakini, Jogiyanto Hartono. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Edisi ke 2. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.  

[7] Prihatna, Henky. 2005. Struktur Navigasi. Jakarta: Alex Media Komputindo. [8] Rosa and M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung. [9] Sibero, Alexsander F.K. 2013. Web Programming Power Pack. Yogyakarta : MediaKom.  [10] Sutanta, Edhy. 2011. Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.