PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN METODE FRAMEWORK FOR THE APPLICATION SYSTEM THINKING (FAST)

Abstraksi

Untuk  mengembangkan minat baca pada siswa sekolah, sekolah dan perpustakaan harus bekerja sama untuk menarik minat baca siswa. Salah satunya dengan menyediakan perpustakaan di sekolah. Saat ini banyak perpustakaan sekolah untuk manajemen masih manual, seperti mu lai dari pencatatan data anggota, pembukuan data hingga penyimpanan data lain yang terkait dengan pemrosesan transaksi hingga pembuatan laporan, sehingga dimungkinkan ketika proses berlangsung ada kesalahan dalam pencatatan, kurangnya laporan akurat dibuat  dan keterlambatan dalam mencari data yang diperlukan. Selain itu perpustakaan memiliki jam operasional sehingga beberapa siswa datang. Merancang sistem informasi perpustakaan berbasis web dengan metode FAST adalah solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ada di perpustakaan ini. Dengan metode FAST membuat desain sistem lebih mudah dan tepat sasaran. Dan dengan adanya sistem informasi perpustakaan berbasis situs meningkatkan minat siswa dalam membaca karena mereka dapat mengakses di mana saja dan kapan saja tanpa dibatasi waktu, dan juga memudahkan petugas untuk mengelola data perpustakaan .

Kata Kunci: Sistem informasi, Website Perpustakaan, Metode FAST

URI
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/577/517

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References

Amiranti, C. C. (2017, June 22). Minat Baca Anak Rendah, Perlu Terobosan Baru?  Kompas.Com.

Retrieved from  https://edukasi.kompas.com/read/2017/06/22/17223781/minat.baca.anak.rendah.perlu.terobosan.baru.

Ariani, F., Fahmi, M., & Taufik, A. (2019).  Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.

Dari, D. W., Sari, A. O., & Astrilyana, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Website.  Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer,  4(2), 163–168. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/929

Herny, F., & Zuliarso, E. (2012). Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK,  17(2), 124–132.

Hutagalung, D. D., & Arif, F. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Smk Citra Negara Depok.

Jurnal Rekayasa Informasi, 7(1), 13–22. Maryono, Y., & Darwati, I. (2017). PERANCANGAN WEB PERPUSTAKAAN PADA SMP TARUNA BHAKTI DEPOK.  Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 239–244.

Sari, A. O., & Nuari, E. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Fast ( Framework for the Applications ).  Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 261–266. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/705

Sukamto, R. A., & Shalahudin, M. (2016).  Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi

Objek (4th ed). Bandung: Informatika.Triatma, I. N. (2016). MINAT BACA PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI DELEGAN READING INTEREST IN 6 th GRADE STUDENTS OF THE PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL.  E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166–178.