Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Android Gaming dengan Metode Analytical Hierarchy Process

research
  • 14 Feb
  • 2020

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Android Gaming dengan Metode Analytical Hierarchy Process

Pada zaman sekarang ini handphone/gadget dapat dijumpai di mana-mana. Tanpa memandang usia atau kalangan apapun dan di manapun, sebagian besar memilikinya. Tak bisa dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu handphone/gadget akan terus berkembang sesuai kebutuhan pasar. Dilihat dari fungsinya handphone sebenarnya hanyalah alat untuk berkomunikasi entah menelfon ataupun mengirimkan pesan elektronik, dan kapasitas ruang penyimpanan yang besar. Dengan berbagai jenis Smartphone Android Gaming  yang ada di era ini membuat aplikasi game bisa menarik perhatian orang banyak terutama mahasiswa. Banyaknya Smartphone Android Gaming saat ini, membuat penelitian ini mengambil sample empat jenis Smartphone Android Gaming yang diminati para mahasiswa saat ini dan berdasarkan data market share di Indonesia yaitu  Asus Zenfone 2 Laser dengan pangsa pasar 8,2% , LG G2 D802 dengan pangsa pasar 5,7%, Lenovo Vibe K4 Note dengan pangsa pasar 5,7% dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan pangsa pasar 5,2 %, maka dibuat pengujian untuk meneliti jenis Smartphone Android Gaming yang ideal dan paling diminati oleh mahasiswa. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dengan menggunakan metode AHP diharapkan dapat membantu pemilihan jenis Smartphone android gaming yang banyak diminati oleh mahasiswa dan layak serta harga yang terjangkau.

Unduhan

 

REFERENSI

Daud, R., Salam, S., Mohamad, S. N. M., & Yusoff, A. M. (2017). Modeling a Mobile Gamification Model to Increase Student Engagement: An Analysis Using Analytic Hierarchy Process. Advanced Science Letters, 23(9), 8707-8712. Fauzan, R., Saberan, S., & Ridwan, M. (2017). A DECISION SUPPORT SYSTEM FOR SELECTION OF SMARTPHONE USING SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) METHOD. In Seminar Nasional Riset Terapan (Vol. 2, pp. A15-A24). Gifary, S. (2015). Intensitas Penggunaan Smartphone Dan Perilaku Komunikasi (Studi Pada Pengguna Smartphone di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom). Jurnal Sosioteknologi, 14(2). Handani, C. C., & Siregar, S. (2015). Aplikasi Pengendali Robot Menggunakan Sensor Accelerometer Pada Smartphone Android. eProceedings of Applied Science, 1(1). Handayani, T., Hari, A. T., & Ali, S. (2018). Analisis Positioning Smartphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. ISEI BUSINESS & MANAGEMENT REVIEW, 1(2), 5563. Hermawan. 2011. Pengertian HP Android | Kelebihan & Kekurangan. Diambil dari http://www.heqris.com/2011/11/penger tian-hp-android-kelebihan.html. (17 Desember 2016) Irawan, P., Mazalisa, Z., & Panjaitan, F. (2015, August). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik. In Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika (SC-SITI) 2015. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma.  
Johnson, M. P., Zheng, K., & Padman, R. (2014). Modeling the longitudinality of user acceptance of technology with an evidence-adaptive clinical decision support system. Decision Support Systems, 57, 444-453. Kurniati, A., Tanzil, F., & Purnomo, F. (2015). Game development “Tales of Mamochi” with role playing game concept based on android. Procedia Computer Science, 59, 392-399. Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: ANDI OFFSET. Oinas-Kukkonen, H., & Harjumaa, M. (2018). Persuasive systems design: key issues, process model and system features. In Routledge Handbook of Policy Design (pp. 105-123). Routledge. Prasetya, D. (2016). PENGARUH PERSEPSI HARGA, FITUR PRODUK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(1), 91-100. Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAN JASA. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). Rastogi, S., Bhushan, K., & Gupta, B. B. (2016). Android applications repackaging detection techniques for smartphone devices. Procedia Computer Science, 78, 26-32. Saragih, Sylvia Hartati. 2013. Penerapan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada sistem pendukung keputusan pemilihan laptop. ISSN: 2301-9425. Medan: Pelita Informasi Budi Darma Vol. IV, No.2 Agustus 2013: 82-88. Diambil dari:
Volume 18, No. 3, September 2018  p-ISSN 1410-9794   e-ISSN 2597-792X
http://www.academia.edu/download/38 645635/ahp1.pdf (17 Desember 2016) Sarifah, dan Nita Merlina. 2015. Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Handphone Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. ISSN: 1978-1946. Jakarta Selatan: Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol. XI, No.1 Maret 2015: 90-99. Diambil dari: http://pilar.nusamandiri.ac.id/index.php /pilar/article/view/97 (7 Nopember 2016) Sunarsi, R., & Dirgahayu, D. (2015). Pemanfaatan Handphone Pada Masyarakat Pedesaan Di Desa Sukataris Kabupaten Cianjur. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(1). Tehubijuluw, dan Sugiarto (2014). Metodologi Penelitian Cara Mudah Membuat Makalah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Tangerang: Matana Publishing
Widyasuti, M., Wanto, A., Hartama, D., & Purwanto, E. (2017). Rekomendasi Penjualan Aksesoris Handphone Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 1(1). Wijayanti, I. A. H., & Seminari, N. K. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Handphone Blackberry Dengan Merek Sebagai Pemoderasi. Jurnal FE Udayana, 639653. Xu, X., Jiang, Y., Flach, T., Katz-Bassett, E., Choffnes, D., & Govindan, R. (2015, March). Investigating transparent web proxies in cellular networks. In International Conference on Passive and Active Network Measurement (pp. 262-276). Springer, Cham