Jurnal Prosisko Implementasi ZIMBRA Proxy Server sebagai Load Balancing dengan Skema Multi Server

Abstraksi

Saat ini kebutuhan email sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk berkomunikasi dengan customer ataupun supplier. Email bagi sebuah perusahaan sudah menjadi bagian penting dari core bisnis. Kehandalan dan availabilitas mail server dalam menjadi sangat vital perannya demi menjaga komunikasi perusahaan tetap berlangsung. Dari kebutuhan yang sangat penting dan manfaat yang sangat banyak, maka bagaimana solusinya untuk menjaga kestabilan dan kehandalan sebuah sistem mail server, serta meminimalisir akan terjadinya gangguan proses kirim dan terima email yang akan menggangu aktifitas bagi perusahaan. Pembagian beban mail server ini menggunakan zimbra proxy sebagai load balancer dengan skema multi server pada PT Tele Global Indonesia. Zimbra proxy berfungsi sebagai memcached dan web server nginx sebagai platform dimana diakses langsung oleh user. Yang mana zimbra proxy ini akan membagi  beban request POP3, IMAP dan SMTP ke server utama, sehingga beban akan didistribusikan secara merata ke server mailbox yang dituju. Dari kebutuhan akan availabilitas mail server yang sangat penting di PT Tele Globe Global, maka penulis sangat tertarik untuk menerapkan zimbra proxy sebagai solusi load balancer untuk membagi beban mail server ke beberapa server email (multi server).
 

Kata Kunci: load Balancing, mail server, zimbra multi server, zimbra proxy

URI
https://zenodo.org/record/1878839#.XiVcjm5uLIU

Bidang ilmu
Jaringan Komputer

References

[1] Anton, & Anggraini, R. (2008). Dipetik November Selasa, 2017, dari http://repository.unand.ac.id/1117/1/3337_ANTON_VOIP_OKT_08.pdf.

[2]Athaillah. (2012). Panduan Membuat Email Server Dengan Zimbra. Jakarta: Jasakom.

[3]Desmira, Sumarto, D., & Yuliani, R. (2017). Rancang Bangun Mail Server Berbasis Squirrelmail Menggunakan MTA. Prosisko, 55.

[4]Irawati, & Indrarini, D. (2015). Jaringan Komputer dan Data Lanjut. Yogyakarta: Deepublish.

[5]Komputer, W. (2014). Konsep Dan Implementasi Jaringan Dengan Linux Ubuntu. Yogyakarta: Andi Publisher. [

6]Kurniawan, D. (2008). Pengantar Jaringan Komputer Bagian I. Jakarta: STMIK Darmajaya .

[7]Kustanto, & Saputro, D. T. (2015). Belajar Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik OS Edisi Revisi. Yogyakarta: Gava Media.

[8]Lukitasari, D., & Oklilas, A. F. (2010). Analisis Perbandingan Load Balancing Web Server Tunggal Dengan Web server Cluster Menggunakan Linux Virtual Server. Jurnal Generic.

[9]Madcom. (2010). Sistem Jaringan Komputer untuk Pemula. Yogyakarta: Andi Publisher.

[10]Nurlina, & Irmayana. (2014). Studi banding Spam-Assasin Mail Server dengan Tanpa Fiter di Sisi Mail Client. Citec Journal, 77.

[11]Pratama, & Rafie, A. M. (2008). Perancangan dan Implementasi Mail Server Berbasis Qmail pada JCpanel Web Hosting Control Panel. Seminar Nasional SNATI.

[12]Santosa, B. (2012). Dipetik Mei 26, 2017, dari http://kurusetra.web.id/bandwidth.pdf

[13]Saputra, E., & Lestari, I. (2014). Analisa dan Perancangan Voice Over Internet Protokol (Voip) Menggunakan Teknologi Open Source Pada Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data Uin Suska Riau. SiTeKIn, 106.

[14]Silitonga, P., & Morina, I. S. (2014). Analisis QoS (Quality of services) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard. jurnalTIMES.

[15]Sofana, I. (2013). Membangun Jaringan Komputer,Mudah Membuat Jaringan Komputer (Wire & Wireless) untuk Pengguna Windows dan Linux. Bandung: Informatika .

[16]Sopandi, D. (2010). Instalasi dan konfigurasi jaringan komputer. Bandung: Informatika.

[17]Sugianto, M. (2012). Panduan Installasi dan Konfigurasi Mail Server Berbasis Zimbra. Bekasi: PT. Excellent Infotama Kreasindo.

[18]Sukaridhoto, S. (2014). Buku Jaringan Komputer I. Surabaya: PENS.

[19]Towidjojo, R. (2016). Mikrotik Kung Fu Kitab 3. Jakarta: Jasakom.

[20]Towidjojo, R. (2016). Mikrotik Kungfu Kitab 4. Jakarta: Jasakom.

[21]Warman, I., & Maknun, J. (2014). Implemntasi vioce over internet protocol (VOIP) IP Phone sebagai Media Komunikasi Pengganti PABX. Jurnal Momentum, 57.

[22]Zaida, E. (2013). Kupas Tuntas Teknologi Virtualisasi. Yogyakarta: Andi Offset.