Sensitivitas Keputusan Terhadap Nilai Eigenvector Dengan Pendekatan Weight Product Model

research
  • 20 Jan
  • 2020

Sensitivitas Keputusan Terhadap Nilai Eigenvector Dengan Pendekatan Weight Product Model

Analytic Hierarchical Process (AHP) merupakan suatu metode yang cukup banyak digunakan untuk menentukan prioritas keputusan yang bersifat majemuk, karena mampu mengolah data dengan banyak kriteria baik data yang bersifat kualitatif, kuantitatif, maupun kombinasi keduanya. Perubahan terhadap nilai keputusan ada yang bersifat kuat atau lemah terhadap hasil keputusan yang telah diproses secara empiris. Dengan demikian keputusan global yang telah di sintesis dapat mengalami perubahan, jika keputusan parsial mengalami nilai sensitivitas yang lemah. Oleh karena itu untuk membuktikan bahwa keputusan local setiap nilai pairwise matrix yang diuji dari nilai eigenvector hasil normalisasi belum tentu memberikan kekuatan keputusan yang sempurna, hal ini dapat terlihat jika dilakukan proses uji sensitivitas dari masing-masing nilai eigenvector keputusan parsial. Hasil pengujian sensitivitas ini akan memberikan besaran nilai keputusan yang memiliki nilai jangkauan tertentu terhadap batas nilai sensitivitas minimum dan sensitivias nilai maksimum yang dapat mempengaruhi prioritas nilai keptusan global hasil sintesis.

Unduhan

 

REFERENSI

Al-Harbi KMAS. 2001. Application of the AHP in project management. Int. J. Proj. Manag. 19: 19–27.
 
Alonso JA, Lamata MT. 2006. Consistency in the analytic hierarchy process: a new approach. Int. J. Uncertainty, Fuzziness Knowledge-Based Syst. 14: 445–459.
 
Farkas A. 2007. The analysis of the principal eigenvector of pairwise comparison matrices. Acta Polytech. Hungarica 4: 1–17.
 
Hayes K. 2011. Uncertainty and uncertainty analysis methods. Science A and, editor. Sweden Olle: Department of Mathematics. 1-24 p.
 
Higle JL, Wallace SW. 2003. Sensitivity Analysis and Uncertainty in Linear Programming. 33: 53–60.
 Ishizaka A, Lusti M. 2006. How to derive priorities in AHP: A comparative study. Cent. Eur. J. Oper. Res. 14: 387–400.
 
Saaty TL. 2003. Decision-making with the AHP: Why is the principal eigenvector necessary. Eur. J. Oper. Res. 145: 85–91.
 
Vargas RV. 2010. Using The Analytic Hierarchy Process (AHP) To Select And Prioritize Projects In A Portofolio. PMI Glob. Congr. 32: 1–22.
 
Wang J. 2008. Sensitivity and Uncertainty Analyses of Contaminant Fate and Transport in a Field-Scale Subsurface System. Georgia Institute of Technology, editor. Georgia: Georgia Institute of Technology. 1-233 p.