PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA LAMPUNG UNTUK ANAK-ANAK USIA 6 SAMPAI 12 TAHUN

research
  • 13 Aug
  • 2018

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA LAMPUNG UNTUK ANAK-ANAK USIA 6 SAMPAI 12 TAHUN


ABSTRAK


 


 


 


Maryana (11170238), Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Budaya Lampung Untuk Anak-Anak Usia 6 Sampai 12 Tahun


 


Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai banyak keaneka ragaman budaya yang sangat menarik dan unik. Dalam era moderenisasi sekarang ini, tidak sedikit penduduk daerah Lampung yang menganut budaya asing dan melupakan budaya sendiri. Salah satu penyebabnya karena saat ini kebudayaan daerah hanya dikenalkan lewat buku bacaan sehingga kurang menarik minat untuk mempelajarinya.


Salah satu upaya dalam menanamkan kecintaan terhadap budaya asli kita adalah memberikan pembelajaran budaya daerah Lampung melalui sistem animasi interaktif mengenal budaya lampung menggunakan Macro media flash. Dengan multimedia pengenalan tentang kebudayaan Lampung akan lebih menarik, interaktif dan praktis.


 


Kata Kunci:Animasi, Interaktif, Multimedia, Budaya, Lampung


Unduhan

  • FILE_1 LEMBAR JUDUL SKRIPSI.pdf

    PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA LAMPUNG UNTUK ANAK-ANAK USIA 6 SAMPAI 12 TAHUN_FILE_1 LEMBAR JUDUL SKRIPSI.pdf

    •   diunduh 113x | Ukuran 62 KB
  • FILE_16 LEMBAR DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

    PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA LAMPUNG UNTUK ANAK-ANAK USIA 6 SAMPAI 12 TAHUN_FILE_16 LEMBAR DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

    •   diunduh 120x | Ukuran 132 KB

 

  • FILE_16 LEMBAR DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

    PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA LAMPUNG UNTUK ANAK-ANAK USIA 6 SAMPAI 12 TAHUN_FILE_16 LEMBAR DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

    •   diunduh 120x | Ukuran 135,138
  • FILE_14 BAB I II III IV.pdf

    PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA LAMPUNG UNTUK ANAK-ANAK USIA 6 SAMPAI 12 TAHUN_FILE_14 BAB I II III IV.pdf

    •   diunduh 418x | Ukuran 1,153,809

REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


Al Fatta, Hanif. 2007. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Untuk       Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offiset


Binanto, Iwan. 2010. Multimedia digital Dasar Teori dan pengembanganya. Yogyakarta: Andi Offset.


Darma, Jarot S dan Shenia Ananda. 2009. Buku Pintar Menguasai Multimedia. Jakarta: Media Kita.


Hidayatullah, Priyanto, M. Amrullah Akbar danZaky Rahim. 2011. Animasi Pendidikan Menggunakan Flash.Bandung :Informatika.


Jeprie, Mohammad. 2006. Macromedia Flash MX 2004. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.


Juprianto dan Ganis, Erlina Idolla. 2013 Pengenalan Adat Tradisional Indonesia Berbasis Multimedia Pada Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Ngadirejan. ISSN: 1979-9330. Ijcss 15 Vol 10 No 1 Februari 2013:26-30.Diambil dari http://ejurnal.unsa.ac.id/index.php/seruni/article/view/349/173.


Kusini S.Kom dan andri Koniyo. 2007. Tuntutan  Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: AndiOffiset.


Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Priyanto. 2009. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.


Parno, Puji, Dharmayanti, Jamarsih dan Swesti. 2013. Pengenalan Budaya Sumatra Berbasis Multimedia. ISSN: 2302-3805. SAY No. 19 Januari 2013: 19-21 Diambil Dari: http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/speed/article/viewFile/637/358.


Radaksi Kawan Pustaka. 2008. Pintar 256 Software Komputer. Jakarta: Kawan Pustaka.


Sidabutar. 2014. Pembelajaran Pengenalan Kebudayaan Daerah di Indonesia Menggunakan Macromedia Flash. ISSN: 2339-210X.INTI Vol. IV, NO. 1 September 2014: 39-40. Diambil Dari: http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/speed/article/viewFile/637/358.


Sunyoto, Andi. 2010. Adobe Flash+XML=Rich Multimedia Application. Yogyakarta: AndiOffiset.


Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: AndiOffiset.


Suyanto, M, AryantoYuniawan. 2006. Merancang Film Kartun. Yogyakarta: AndiOffiset.


Utami, Ema dan Sukrisno. 2005. 10 Langkah  Belajar Logika dan Algoritma Menggunakan Bahasa C dan C++ di GNU/Linux. Yogyakarta: AndiOffiset.


Yudhistira dan Bayu Adjie. 2007. Buku Latihan 3D Studio MAX 9.0 Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.