Perancangan Animasi Interaktif Media Pembelajaran Mengenal Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Sunda Pada Anak Usia Dini

research
  • 28 May
  • 2018

Perancangan Animasi Interaktif Media Pembelajaran Mengenal Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Sunda Pada Anak Usia Dini

    Usia dini merupakan usia emas untuk belajar bahasa, tanpa mengabaikan perkembangan aspek-aspek lainnya yang sangat penting dalam kehidupannya. Pembelajaran bahasa asing pada anak usia dini dibawah 6 tahun dilakukan sebagai perkenalan bahasa bukan sebagai hal utama, anak-anak  usia 3-6 tahun paling cepat memahami bahasa Inggris. Persaingan yang terjadi dalam bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa asing,  karena itu kekhawatiran akan punahnya bahasa daerah semakin beralasan. Gejala kepunahan tersebut ditandai dengan merosotnya jumlah penutur karena adanya persaingan bahasa tersebut dan semakin berkurang loyalitas penutur terhadap pemakaian bahasa daerah.
Animasi interaktif dapat menjadi sesuatu sarana pendidikan yang efeftif untuk mengajarkan bahasa untuk anak-anak, dengan adanya animasi interaktif  ini diharapkan  dapat membantu mengajari anak-anak bahasa internasional tanpa melupakan bahasa daerahnya.
 
Kata Kunci : Bahasa Inggris, Bahasa Sunda, Anak Usia Dini, Hewan, Animasi Interaktif

REFERENSI

 

Harapan, P. A. (n.d.). Kamus Lengkap 3 Triliun (Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris). Pustaka Agung Harapan.

Island Script. 2008. Panduan Mudah Membuat Animasi Dapat Dikerjakan Kurang Dari 10 Menit. Jakarta: Mediakita.

Jubilee Enterprise. 2010. 30 Bisnis Berbasis Ide bagi Siapa Pun. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Poppy K.Devi dan Sri Anggraeni. (2008). Ilmu Pengetahuan alam SD & MI Kelas IV. Pademangan: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Puspitosari, Heni A. 2010. Membangun Website Interaktif dengan Adobe Creative Suite 5 Tingkat Dasar. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Rahman, Rizky, Wawan Setiawan dan Eka Fitrajaya R. 2008. Optimalisasi Macromedia Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. ISSN: 1979-9264. Bandung: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Volume 1, Nomor 2.

Redaksi Kawan Pustaka. 2008. Pintar 256 Software Komputer. Jakarta: PT Kawan Pustaka

Sari, M. (2012). Peningkatan Pengenalan Bahasa Inggris Anak Dengan Total Pshycal Response Di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kabupaten Sijunjung, 2.

Sobarna, C. (2007). Bahasa Sunda Sudah Diambang Pintu Kematian?, 14.

Soma, Hari Aria. 2007. Pengenalan 3DS Max. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Sugiharto, Dana Agus dan Bekti Ratna Timur Astuti. 2012. Media Pembelajaran Sholat Jenazah Berbasis Multimedia Interaktif. ISSN: 2302-1136. Surakarta: Seruni FTI UNSA 2012 Volume 1.

 

Sukarna, G. (n.d.). Kamus Lengkep (Sunda-Indonesia, Indonesia-Sunda, Sunda-Sunda). Graha Media.

Susilo, Budi, Dhany Sutriya, Herlambang Oktavianto, Imansyah Putera. Mahir Pemrograman Web Dengan Adobe Flex. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wahyono, Teguh. 2010. Membuat Sendiri Aplikasi Dengan Memanfaatkan Barcode. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Wasistiono, M.S dan Dr.Erliana Hasan,M.Si. (2005). Warta Ilmiah Populer Komunikasi Dalam Pembangunan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Wibowo, Agung. 2007. 8 Proyek Kreatif CorelDraw. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Wibowo, Agus. 2006. Painting With Photoshop. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Winardi, Sebastiao Domingos F dan Belo. 2012. Rancang Bangun Software Pembelajarn Interaktif Dasar Digital. ISSN: 1858-4667. Surabaya: Jurnal LINK Volume 1, Nomor 2