Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Anak Usia Dini

research
  • 25 May
  • 2018

Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Anak Usia Dini

Anak usia dini mudah menerima upaya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki salah satunya bidang agama. Namun, biasanya terdapat permasalahan pada anak usia dini yaitu anak mengalami kejenuhan dalam kegiatan belajar mengajar bersifat hafalan seperti hafalan huruf hijaiyah. Mengenal huruf hijaiyah dari usia dini sangat penting untuk bekal pengetahuannya dimasa mendatang agar anak dapat membaca Al-Qur’an dengan baik. Berdasarkan hal tersebut salah satu solusi tepat dalam menghadapi permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, yaitu multimedia animasi interaktif sebagai media pengenalan huruf hijaiyah. Penggunaan multimedia yang interaktif diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan keinginan anak untuk mengenal dan mempelajari huruf hijaiyah, juga untuk membantu para guru dalam memberikan materi tentang huruf hijaiyah,

REFERENSI

Aris Rakhmadi, Andy Purna Kurniawan. (2010). Sosialisasi Panduan Elektronis Pembelajaran Tajwid Berbasis Macromedia Flash. WARTA , Vol. 13 No. 1, 1.
Candra Budi Susila, Erliana Idola Ganis. (2012). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Kecamatan Pacitan. Seruni FTI UNSA , Volume 1.
Indra Sakti, Yuniar Mega Puspasari, dan Eko Risdianto. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instuction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta , Vol. X No. 1, 3.
Jubilee Enterprise. 2010. 30 Bisnis Berbasis Ide bagi Siapa Pun. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Puspitosari, Heni A. 2010. Membangun Website Interaktif dengan Adobe Creative Suite 5 Tingkat Dasar. Yogyakarta: Skripta Media Creative.
Rantina, M. (2008). Pembelajaran Agama Di Sentra Iman Dan Taqwa Taman Kanak-kanak Huffazh Payakumbuh. Jurnal Pesona PAUD , Vol. 1, 2.
Redaksi Kawan Pustaka. 2008. Pintar 256 Software Komputer. Jakarta: PT Kawan Pustaka
Siswanti, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf HijaiyahMelalui Metode VAKT Dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus , Volume 1, 123.
Slamet Winardi, Sebastiao F. Belo. (2012). Rancang Bangun Software Pembelajaran Interaktif Dasar Digital. Jurnal Link , Vol. 16, 1.
Soma, Hari Aria. 2007. Pengenalan 3DS Max. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Sugiharto, Dana Agus dan Bekti Ratna Timur Astuti. 2012. Media Pembelajaran Sholat Jenazah Berbasis Multimedia Interaktif. ISSN: 2302-1136. Surakarta: Seruni FTI UNSA 2012 Volume 1.
Susilo, Budi, Dhany Sutriya, Herlambang Oktavianto, Imansyah Putera. Mahir Pemrograman Web Dengan Adobe Flex. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Wahyono, Teguh. 2010. Membuat Sendiri Aplikasi Dengan Memanfaatkan Barcode. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Wibowo, Agung. 2007. 8 Proyek Kreatif CorelDraw. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Wibowo, Agus. 2006. Painting With Photoshop. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Yan Tirtobisono, Ekrom Z. Kamus 3 Bahasa (Arab, Inggris, Indonesia).                 APOLLO LESTARI.