Anak usia dini mudah menerima upaya untuk
mengembangkan potensi yang dimiliki salah satunya bidang agama. Namun, biasanya
terdapat permasalahan pada anak usia dini yaitu anak mengalami kejenuhan dalam
kegiatan belajar mengajar bersifat hafalan seperti hafalan huruf hijaiyah. Mengenal huruf hijaiyah dari usia dini sangat penting untuk bekal
pengetahuannya dimasa mendatang agar anak dapat membaca Al-Qur’an dengan baik. Berdasarkan hal tersebut salah satu solusi tepat dalam
menghadapi permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi,
yaitu multimedia animasi interaktif sebagai media pengenalan huruf hijaiyah.
Penggunaan multimedia yang interaktif diharapkan mampu membangkitkan motivasi
dan keinginan anak untuk mengenal dan mempelajari huruf hijaiyah, juga untuk
membantu para guru dalam memberikan materi tentang huruf hijaiyah,
Aris Rakhmadi, Andy Purna Kurniawan. (2010). Sosialisasi
Panduan Elektronis Pembelajaran Tajwid Berbasis Macromedia Flash. WARTA ,
Vol. 13 No. 1, 1.
Candra Budi Susila, Erliana Idola Ganis. (2012). Media
Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Taman Kanak-kanak (TK)
Pertiwi Kecamatan Pacitan. Seruni FTI UNSA , Volume 1.
Indra Sakti, Yuniar Mega Puspasari, dan Eko Risdianto.
(2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instuction) Melalui Media
Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep
Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta , Vol.
X No. 1, 3.
Jubilee
Enterprise. 2010. 30 Bisnis Berbasis Ide bagi Siapa Pun. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo Kelompok Gramedia.
Pressman, Roger S. 2010. Software
Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Puspitosari,
Heni A. 2010. Membangun Website Interaktif dengan Adobe Creative Suite 5
Tingkat Dasar. Yogyakarta: Skripta Media Creative.
Rantina, M. (2008). Pembelajaran Agama Di Sentra Iman Dan
Taqwa Taman Kanak-kanak Huffazh Payakumbuh. Jurnal Pesona PAUD , Vol.
1, 2.
Redaksi Kawan Pustaka. 2008. Pintar 256
Software Komputer. Jakarta: PT Kawan Pustaka
Siswanti, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf
HijaiyahMelalui Metode VAKT Dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita
Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus , Volume 1, 123.
Slamet Winardi, Sebastiao F. Belo. (2012). Rancang Bangun
Software Pembelajaran Interaktif Dasar Digital. Jurnal Link , Vol. 16,
1.
Soma, Hari Aria.
2007. Pengenalan 3DS Max. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Sugiharto,
Dana Agus dan Bekti Ratna Timur Astuti. 2012. Media Pembelajaran Sholat Jenazah
Berbasis Multimedia Interaktif. ISSN: 2302-1136. Surakarta: Seruni FTI UNSA
2012 Volume 1.
Susilo, Budi, Dhany Sutriya, Herlambang
Oktavianto, Imansyah Putera. Mahir Pemrograman Web Dengan Adobe Flex.
Yogyakarta: CV Andi Offset.
Wahyono, Teguh. 2010. Membuat Sendiri
Aplikasi Dengan Memanfaatkan Barcode. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Wibowo, Agung. 2007. 8 Proyek Kreatif
CorelDraw. Jakarta: PT Elex
Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Wibowo, Agus.
2006. Painting With Photoshop. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Yan Tirtobisono, Ekrom
Z. Kamus 3 Bahasa (Arab, Inggris, Indonesia). APOLLO LESTARI.