Sistem informasi Reservasi Hotel Studi Kasus pada Jazz Family Karaoke and Hotel Sukabumi

research
  • 25 May
  • 2018

Sistem informasi Reservasi Hotel Studi Kasus pada Jazz Family Karaoke and Hotel Sukabumi

Jazz Hotel pada Jazz Family Karaoke and Hotel Sukabumi merupakan salah satu hotel yang masih menggunakan sistem tradisional, yaitu proses Reservasi Hotel masih menggunakan media kertas/buku. Mulai dari proses check-in, pencarian data, hingga pembuatan laporan. Hal ini membuat terhambatnya proses reservasi itu sendiri, terutama pada proses check-in dan pencarian data yang membutuhkan waktu lama untuk memprosesnya. Jazz Hotel pada Jazz Family Karaoke and Hotel Sukabumi sangat membutuhkan suatu program yang bisa mempermudah user dalam hal ini receptionist, dalam memberikan pelayanan kepada para konsumen . Tujuan utama dari penelitian ini adalah demi terciptanya Sistem Informasi Reservasi Hotel yang dapat mempermudah dalam pengolahan data hotel terutama pada proses Check-in dan pencarian data. Metode yang digunakan dalam perancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel yaitu dengan menggunakan metode Waterfall Model. Serta diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dengan Microsoft Access 2007 sebagai penampung database. Dengan perancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel ini, proses reservasi yang berjalan saat ini lebih meminimalisir waktu dan pencarian data yang dilakukan pun lebih akurat dan cepat bila dibandingkan dengan proses reservasi sebelumnya yaitu proses reservasi yang masih dilakukan secara tradisional.

REFERENSI

Agustin, Maria. (2012). Analisis Perancangan Reservasi Hotel. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel, 10.
Firdaus. (2006). 7 Jam Belajar Interaktif Visual Basic 6.0 untuk Orang Awam. Palembang: Penerbit Maxikom.
Kusumawardani, Lia., Bambang Eka Purnama, Indah Uly Wardati. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Hotel. Pembangunan Sistem Informasi pada Hotel Graha Prima Pacitan, 1.
Ladjamudin, Bin Al-Bahra. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Larasati, Sinta. (2014, November 01). Hambatan Jazz Hotel Sukabumi. (L. A. Ningtias, Interviewer).
Markito, Luki., Lies Yulianto. (2012). Sistem Informasi Front Office. Rancang Bangun Sistem Informasi Front Office Hotel Minang Permai Pacitan, 1.
Mustakini, Jogiyanto Hartono. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi
PD, IGK Indra., Maman Somantri, Kodrat Iman Satoto. (2012). Sistem Informasi Reservasi Hotel. Perancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel Graha Dewata Juwana Menggunakan Layanan Web Service , 38.
Pressman, Roger. S. (2010). Software Engineering: A Practioner's Approach. 4th .McGrawHill.
Resti, & Sri. (2014, November 10). Permasalahan yang ada pada Jazz Hotel Sukabumi. (L. A. Ningtias, Interviewer).
Surat Keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi No. KM37/PW-340/MPPT-86                 tentang Pengertian Hotel.
Sutabri, Tata. (2005). Pemrograman Terstruktur. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Widodo, Prabowo Pudjo,. Herlawati. (2011). Unified Modeling Language. Penerbit                 Informatika.