Jazz Hotel pada
Jazz Family Karaoke and Hotel Sukabumi merupakan salah satu hotel yang masih
menggunakan sistem tradisional, yaitu proses Reservasi Hotel masih menggunakan
media kertas/buku. Mulai dari proses check-in,
pencarian data, hingga pembuatan laporan. Hal ini membuat terhambatnya
proses reservasi itu sendiri, terutama pada proses check-in dan pencarian data yang membutuhkan waktu lama untuk
memprosesnya. Jazz Hotel pada Jazz Family Karaoke and Hotel Sukabumi sangat
membutuhkan suatu program yang bisa mempermudah user dalam hal ini receptionist,
dalam memberikan pelayanan kepada para konsumen . Tujuan utama dari
penelitian ini adalah demi terciptanya Sistem Informasi Reservasi Hotel yang
dapat mempermudah dalam pengolahan data hotel terutama pada proses Check-in dan pencarian data. Metode yang
digunakan dalam perancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel yaitu dengan
menggunakan metode Waterfall Model.
Serta diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dengan Microsoft
Access 2007 sebagai penampung database.
Dengan perancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel ini, proses reservasi
yang berjalan saat ini lebih meminimalisir waktu dan pencarian data yang
dilakukan pun lebih akurat dan cepat bila dibandingkan dengan proses reservasi
sebelumnya yaitu proses reservasi yang masih dilakukan secara tradisional.
Agustin, Maria. (2012). Analisis Perancangan Reservasi Hotel. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Reservasi Hotel, 10.
Firdaus. (2006). 7 Jam
Belajar Interaktif Visual Basic 6.0 untuk Orang Awam. Palembang: Penerbit
Maxikom.
Kusumawardani, Lia., Bambang Eka Purnama, Indah Uly Wardati. (2012).
Pembangunan Sistem Informasi Hotel. Pembangunan
Sistem Informasi pada Hotel Graha Prima Pacitan, 1.
Ladjamudin, Bin Al-Bahra.
(2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Larasati, Sinta. (2014,
November 01). Hambatan Jazz Hotel Sukabumi. (L. A. Ningtias, Interviewer).
Markito, Luki., Lies Yulianto. (2012). Sistem Informasi Front Office. Rancang Bangun Sistem
Informasi Front Office Hotel Minang Permai Pacitan, 1.
Mustakini, Jogiyanto Hartono. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi
Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi
PD, IGK Indra., Maman
Somantri, Kodrat Iman Satoto. (2012). Sistem Informasi Reservasi Hotel. Perancangan
Sistem Informasi Reservasi Hotel Graha Dewata Juwana Menggunakan Layanan Web
Service , 38.
Pressman, Roger. S. (2010).
Software Engineering: A Practioner's
Approach. 4th .McGrawHill.
Resti, & Sri. (2014, November 10). Permasalahan
yang ada pada Jazz Hotel Sukabumi. (L. A. Ningtias, Interviewer).
Surat Keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi No.
KM37/PW-340/MPPT-86 tentang Pengertian Hotel.
Sutabri, Tata. (2005). Pemrograman Terstruktur. Yogyakarta:
Penerbit Andi.
Widodo, Prabowo Pudjo,.
Herlawati. (2011). Unified Modeling
Language. Penerbit Informatika.