Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ikan Lele Menggunakan Metode Forward Chaining

research
  • 25 May
  • 2018

Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ikan Lele Menggunakan Metode Forward Chaining

Dalam penerapan animasi interaktif akan menimbulkan reaksi sikap dan perilaku pengguna yang berbeda. Perasaan yang muncul meliputi penerimaan maupun penolakan. Kajian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tingkatan perasaan pengguna animasi interaktif dilakukan untuk memberikan solusi dan masukan dari permasalahan penerapan animasi interaktif dalam pembelajaran animasi di SMKN 1 Kota Sukabumi. Berdasarkan review literatur, model penelitian menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan variabel aslinya yaitu perceived use fulness, perceived ease of use, attitudetowardusing, behavioral intention to use dan actualsystemuse. TAM digunakan untuk menjelaskan bagaimana hubungan antar variabel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden berasal dari kelas X, XI dan XII. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, data dianalisa menggunakan analisis regresi linear dengan software SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi dari ease of use memiliki pengaruh positif signifikan terhadap usefulness(0,852/sangat kuat), ease of useber pengaruh positif signifikan terhadap attit udeto wardusing (0,674/kuat), use fulness berpengaruh positif signifikan terhadap attitude toward using (0,860/sangat kuat), use fulness berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention to use (0,811/sangat kuat), attitude toward using berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention to use (0,598/cukup), behavioral intention to useber pengaruh positif signifikan terhadap actual system use (0,738/kuat).
Kata Kunci: Animasi Interaktif, Sikap Pengguna, Metode TAM

 

REFERENSI

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Akmaludin. 2013. Analisis  Aplikasi  Animasi  Interaktif  Tentang Pembelajaran Anatomi  Otak Menggunakan Pengujian Logic Dan Geometrik Mean. Jakarta: Pilar Nusa Mandiri, Vol. IX, No. 2 September 2013: 195-203. Diambil dari: https://docs.google.com/a/bsi.ac.id/file/d/0B42mH4EylzG HX2ZKSHZfMnVvZTA/edit?pli=1 (19 April 2014)

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Azwar, Saifudin. 2011. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar

Dewayanto, Totok. 2011. Analisis Penerimaan Komputer Mikro Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Di Jawa Tengah. Semarang: Jurnal STIE Semarang, Vol. 3, No. 2 Edisi Juni 2011: 47-73. Diambil dari: http:// jurnal.stiesemarang.ac.id/index.php/JSS/article/view/16/16. (03 Juni 2014)

Djalle, Zaharudin G. 2006.The Making 3D Animation Movie. Bandung: Informatika

Fitriyah, Nurul dan Sukarmin. 2013. Penerapan Media Animasi Untuk Mencegah Miskonsepsi Pada Materi Pokok Asam-Basa di Kelas XI SMAN 1 Menganti Gresik. ISSN: 2252:9454. Surabaya: Unesa Journal of Chemical Education Vol. 2 No. 3, September 2013: 78-84. Diambil dari: http://ejournal.unesa.ac.id/article/6980/36/article.pdf. (03 Juni 2014)

Hamalik, Oesman. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hatta,Atika Jauharia. 2011. Model Of Information System Operation Based On Technology Acceptance Model For Micro Financial Institutions. ISSN 2087-3735. Surabaya: Journal of Economics, Business and Accountancy VenturaVolume 14, No. 3, Desember 2011: 251 – 268. Diambil dari: http://journal.perbanas.ac.id/index.php/jebav/article/view/52/pdf. (03 Juni 2014)

Hendratman, Hendi. 2008. The Magic Adobe After Effect. Bandung: Informatika

Jayan.2009. AnimasiKartunUntuk Orang Awam. Palembang: Maxicom

Kasmadi. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Laihad, Risal C.Y. 2013. Pengaruh Perilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Wajib Pajak Di Kota Manado. ISSN: 2303-1174. Manado: Jurnal EMBAVol.1, No.3 September 2013: 44-51. Diambil dari:http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/1938/1535. (04 Juni 2014)

Munir. 2009. PembelajaranJarakJauhBerbasis TIK. Bandung: Alfabeta

Prastowo, Andi. 2011. PanduanKreatifMembuatBahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Pratama, Jefri Gumilar, dkk. 2012. Analisa Sistem Informasi Entri Krs OnlinePada Universitas Bina Darma Dengan Menggunakan Metode End-User Computing(Euc) Satisfaction. Palembang: Jurnal Ilmiah Fak.Ilkom Vol.1 No.1, April 2012:1 -20. Diambil dari: http://blog.binadarma.ac.id/kurniawan/wp-content/uploads/2012/10/Jurnal-Jefri.pdf. (06 Juni 2014).

Purwaningsih, Susanti. 2010. Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasipada Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online(Studi Pada PT Jamsostek (PERSERO)). ISSN 1693-9288. Semarang: Jurnal Ilmu Ekonomi ASET Vol. 12, No. 2 Februari 2010: 181-189. Diambil dari: http://jurnal.widyamanggala.ac.id/index.php/asetwm/article/view/39/32. (07 Juni 2014)

Rahmattullah,Muhammad. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. ISSN: 1412-565X. Bandung: Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011: 178-186. Diambil dari: http://jurnal.upi.edu/file/17-Muhammad_Rahmattullah.pdf. (03 Juni 2014)

Sagala, Syaiful. 2004. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers

Setiawan, Nugraha. 2007. PenentuanUkuranSampelMemakaiRumusSlovindanTabelKrejcie-Morgan: TelaahKonsepdanAplikasinya. Diambildari: http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/penentuan_ukuran_sampel_memakai_rumus_slovin.pdf. (19 Juni 2014)

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suyanto. 2005. Membuat Animasi Kartun Kelas Dunia. Yogyakarta: Andi

Venkatesh, V. 2014. Technology Acceptance Model (TAM). Diambil dari: http://www.vvenkatesh.com/it/organizations/Theoretical_Models.asp#Con=structdefs.(05 Juni 2014)

Wardiana, Wawan dan Yamin Iskandar. 2007. Perangkat Ajar Interaktif Tentang Hukum Tajwid Untuk Pembacaan Al-Qur’an.ISSN: 2302-6146.Bandung: Jurnal INKOMVol 1, No 1 (2007): I16-I20. Diambil dari: http://jurnal.informatika.lipi.go.id/index.php/inkom/article/view/1/2. (21 April 2014)

Widhiarso, Wahyu. 2010. Uji Linieritas Hubungan. Diambil dari: http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/Widhiarso%20-%20Uji%20Linieritas %20Hubungan%202010.pdf. (21 April 2014)

Yamin, Martinis dan bansu I Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

Zembry.2005. 60 EfekSpektakuler Flash 8. Jakarta: Elex Media