Peluang dan Tantangan UMKM Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

research
  • 24 May
  • 2018

Peluang dan Tantangan UMKM Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Dalam waktu dekat Indonesia harus menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. Banyak yang perlu di lakukan oleh pemerintah terutama dalam bidang ekonomi. Pihak yang akan langsung merasakan dampaknya adalah UMKM. Banyak masalah yang dihadapi UMKM di Indonesia. Tidak hanya masalah internal, tetapi juga masalah eksternal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peluang dan tantangan UMKM INDONESIA dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Hasil yang diperoleh UMKM banyak memiliki kendala terutama dalam hal permodalan dan pangsa pasar. Selain itu ketidaktahuan akan legalitas juga mempengaruhi kesiapan UMKM menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Selain itu, perlu adanya dukungan dari Pemerintah untuk meningkatkan daya saing UMKM supaya mampu bertahan hidup dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya pemerintah, perlu juga pasrtisipasi dari masyarakat supaya Indonesia menjadi lebih baik di ASEAN dan DUNIA

Unduhan

 

REFERENSI

[1]    Ishak, Effendi. Artikel: Peranan Informasi BagiKemajuan UKM. Yogyakarta : Kedaulatan Rakyat, 2005

[2]  Jurnal Kajian Lemhannas RI. Edisi 14,Desember 2012

[3]    Sekretariat Nasional ASEAN Departemen LuarNegeri Republik Indonesia, ASEAN Selayang Pandang. Jakarta. 1992. hal.1 

[4] Severino, Rodolfo C. ASEAN Rises to The Challenge. Jakarta. The  ASEAN Secretariat, 1999

[5] Sukirno, Sadono. Makro Ekonomi : Teori Pengantar. Jakarta : PT Grafindo Persada, 2008

[6]    www.bps.go.id [Diakses tanggal 1 April 2014 ]