Knowledge Management Untuk Peningkatan Pelayanan Akademik Pada Perguruan Tinggi

research
  • 08 May
  • 2018

Knowledge Management Untuk Peningkatan Pelayanan Akademik Pada Perguruan Tinggi

Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program Diploma, program Sarjana, program Magister, program Doktor, dan program Profesi serta program Spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Dalam menunjang kegiatan akademik biasanya di perguruan tinggi membuat sistem informasi yang baik, namun demikian permasalahan dalam pelayanan akademik masih sering terjadi, tulisan ini berusaha menyampaikan berbagai hal dengan harapan agar bisa mengurangi permasalahan yang ada dan bisa melakukan peningkatan pelayanan akademik sehingga akan memuaskan semua pihak. Metode penelitian yang dipakai adalah development research atau penelitian pengembangan yang merupakan penelitian berorientasi pada pemecahan masalah praktis. Selanjutnya di sampaikan usulan/masukan pemanfaatan Knowledge Management agar semua pihak terkait bisa melakukan kewajibannya sesuai yang sudah ditentukan dan mendapatkan haknya sebagai mana mestinya. Tujuan akhirnya adalah tercapainya kepuasan semua pihak yang terkait dan tercapainya visi misi lembaga dengan cara yang efektif dan efisien.  

Unduhan

 

REFERENSI

Dewi Kumala Tri Meva .2013. Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perusahaan Dengan Penerapan Knowledge Management (Manajemen Pengetahuan). Malang. Hendrik. 2003. Sekilas Tentang Knowledge Management. http://www.Ilmu komputer. com (akses 4 Februari 2014) http://www.dikti.go.id/files/atur/UU0122012_Full.pdf (akses 4 Februari 2014) Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik untuk keunggulan kompetitif. Yogyakarta. Penerbit Andi. Jogiyanto. 2009. Sistem Teknologi Informasi Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan. Yogyakarta. Penerbit Andi. Kautsar, Ikhlash. Knowledge Management Sebagai Keunggulan Kompetitif Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) : Implementasi Dan Hambatannya. IPB Priambada D. Boy.2010. Implementasi Knowledge Management System di Perusahaan. Program Pascasarjana Ilmu Komputer. IPB. Bogor Rinala Nyoman I Dkk. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Penerbit Bumi Aksara. Sutabri, Tata. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Andi. Tan Robby. 2010. Perancangan Model Manajemen Pengetahuan menggunakan Model Nonaka Takeuchi (Studi Kasus Administrasi Akademik). Bandung. Wahono Romi Satrio, Knowledge Management dan Dunia Pendidikan: Studi Kasus IlmuKomputer.Com http://romisatriawahono.net (akses 4 Februari 2014) Widayanti Riya. Penerapan Knowledge Management Dalam Organisasi – edit. http://www. esaunggul.ac.id/ article/penerapan-knowledgemanagement-dalam-organisasi-2 (akses 4 Februari 2014)